Kamu Sering Mengalami Timbul Jerawat di Area Pantat? Salah Mengatasinya Bisa Berbahaya

via perawatankulit

Serumpi.com – Perubahan cuaca bisa menimbulkan masalah pada kulit salah satu masalah kulit yang umum terjadi yaitu jerawat. Tak hanya terdapat pada wajah, jerawat bahkan bisa muncul di area-area tak terduga seperti diarea pantat. Namun, yang perlu diketahui, jerawat yang muncul di area pantat bukanlah seperti jerawat di wajah.

Dokter kulit Shereene Idriss mengungkapkan bahwa jerawat tersebut muncul akibat adanya peradangan di sekitar folikel rambut yang dikenal sebagai folliculitis. “Atau iritasi sekunder karena gesekan kronis karena mengenakan pakaian ketat atau bahkan waxing,” kata Idriss, seperti yang dikutip dari laman Allure.

Dilansir dari tempo.co, cara mudah mengetahui apakah itu folikulitis, adalah dengan cara menyentuhnya. Benjolan ini biasanya akan muncul seperti benjolan kecil, dangkal, bahkan cenderung gatal atau bahkan terasa menyakitkan. Ketika tersentuh bisa berkembang menjadi kelompok yang lebih besar, seperti kista.

via tribunnews.om

“Bersihkan secara teratur dengan benzoil peroksida untuk menyingkirkn bakteri, mengurangi kemungkinan Anda mengembangkan bakteri folikulitis,” kata Idriss. “Folliculitis, bagaimanapun, tidak selalu disebabkan oleh bakteri saja; itu juga bisa disebabkan oleh jamur.”

Yang umum dilakukan jika muncul jerawat dipantat, maka banyak orang yang menggosoknya atau mencoba membersihkannya. Tapi ini adalah tindakan yang salah, hal itu justru akan memperburuk terjadinya peradangan. Maka tidak sembarangan bisa disembuhkan. Dokter Idris juga menyampaikan jika pantat anda sering berkeringat, usahakan agar tetap kering agar tidak menjadi sarang kuman.

“Tolong hentikan menggosok, apakah dengan scrub atau loofah,” katanya Idriss. Biasanya kita berpikir hal ini akan membuat area bokong halus, tapi justru memperburuk peradangan, yang dapat menyebabkan jaringan parut dan hiperpigmentasi yang potensial.”

“Waxing juga harus dihindari karena dapat menyebabkan obstruksi folikel rambut dan radang bertambah parah dan pigmentasi berikutnya,” kata Idriss.

Jika jerawat yang di pantat tidak kunjung sembuh maka segeralah konsultasikan kepada dokter ahli.