5 Bahaya Ini Bakal Mengintai Jika Kamu Keseringan Pakai Tusuk Gigi Setelah Makan

via tribunnews.com

Serumpi.com – Sisa makanan yang tersangkut pada celah gigi seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Biasanya, orang akan langsung mengambil tusuk gigi untuk menghilangkan sisa makanan tersebut. Meski tanpa disadari, ternyata ada bahaya yang bisa mengintai ketika menghilangkan sisa makanan dengan tusuk gigi. Waduh! Apa benar demikian?

Dilansir dari idntimes.com, ternyata tusuk gigi memang tidak baik untuk beberapa problem termasuk menghilangkan sisa makanan lho! Nah, buat anda yang seringkali menggunakan tusuk gigi, ulasan kali ini akan menunjukkan apa saja akibat memakai tusuk gigi yang sebenarnya tidak disarankan itu. Apa saja ya? Simak yuk!

1. Gusi Lecet

Akibat yang pertama bisa dihadapi adalah gusi yang lecet karena bersentuhan dengan tusuk gigi. Tusuk gigi terbuat dari bahan kayu yang ternyata bisa melukai bagian gusi. Seperti yang kita tahu, gusi merupakan bagian mulut yang lunak dan mudah sekali tergores kan?

2. Gigi Semakin Renggang

Mungkin tanpa disadari, tusuk gigi yang digunakan bisa juga membuat jarak antar gigi semakin renggang. Terkadang bentuk susunan gigi juga menjadi berantakan bila kebiasaan tersebut dilakukan terus-menerus.

via kapanlagi.com

3. Kerusakan Enamel Gigi

Enamel gigi adalah lapisan terluar dari gigi yang berfungsi melindungi gigi. Saat membersihkan gigi dengan tusuk gigi yang menyentuh bagian permukaannya, maka kemungkinan kerusakan pada enamel gigi anda juga bisa terjadi.

4. Infeksi

Akibat yang cukup membahayakan adalah terjadinya infeksi pada gigi dan mulut. Bahan kayu yang digunakan pada tusuk gigi bisa saja mengandung virus atau bakteri yang kita tidak tahu seberapa besar bahayanya.

via brilio.net

5. Pengikisan Gigi

Kerusakan gigi bisa terjadi dengan adanya pengikisan pada lapisan gigi. Ini bisa disebabkan terlalu seringnya permukaan gigi bersentuhan dengan bahan keras seperti kayu. Itulah sebabnya, akan lebih baik bila membersihkan gigi menggunakan sikat gigi yang dilengkapi bulu sikat lembut.


Previous articleAda yang Kontroversial Banget! 5 Pesepak Bola Ini Sukses Memperistri Artis Indonesia
Next articleTak Disangka, Beginilah Bentuk 9 Telur Dari Berbagai Jenis Hewan yang Jarang Orang Tahu

Terpopuler: