Waspadai Warna Mulut yang Berubah, Bisa Jadi Itu Pertanda Kanker, Simak Penjelasannya!

via tribunews.com

Serumpi.com – Kanker mulut adalah jenis kanker yang masih jarang diketahui. Gejalanya kerap diabaikan karena terkesan sepele. Padahal, penyakit ini tak kalah berbahaya dibanding jenis kanker lainnya. Jumlah penderita kanker mulut yang ada di Indonesia mencapai 5.329 di tahun 2012 dan diperkirakan meningkat 21,5 persen di tahun 2020. Kurangnya perhatian menjadikan angka bertahan hidupnya jauh lebih rendah dibanding kanker serviks dan payudara.

Survival rate hanya 30 bulan, tidak lebih dari lima tahun bila dibandingkan dengan kanker payudara yang memiliki stadium sama,” kata dr. Rahmi Amtha, Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, di Jakarta,pada ┬áKamis 13 Desember 2018.

via liputan6.com

Melansir dari detik.co.id, kanker mulut diawali adanya lesi pra kanker yang ditandai dengan perubahan pada jaringan mulut. Pada 64 persen kasus, kanker mulut ditandai dengan perubahan warna.

Jaringan mulut yang sehat memiliki tekstur kenyal berwarna merah muda. Jika terjadi perubahan warna menjadi putih, merah atau kombinasi keduanya dapat menjadi indikasi dari kanker mulut.

“Banyak yang tidak sadar karena mereka tidak merasakan sakit. Padahal jika lesi ditangani dengan cepat, kanker mulut akan tertolong sebanyak 64 persen,” paparnya.

via detik.co.id

Kanker mulut sebenarnya  bisa dicegah dengan gerakan Periksa Mulur Sendiri (SaMuRi). Periksalah rongga mulut di depan cermin. Pastikan untuk memeriksa lebih teliti, periksa setiap sisi rongga mulut mulai dari lidah, bibir, bawah mulut, langit-langit hingga pipi bagian dalam.

Lakukan hal ini setiap seminggu sekali. Jika menemukan perubahan atau ada luka yang tidak kunjung sembuh hinga satu bulan, segera konsultasikan ke dokter. Jangan lupa menyikat gigi dengan pasta gigi yang disertai antiseptik. Hindari pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, menyirih atau gemar minum alkohol.


Previous articleCantiknya Awet, Begini Transformasi Dian Nitami Mulai Gadis Hingga Kepala 4
Next articleBakal Segera Menikah, Begini Potret Romantis Arif Mak Beti Bareng Kekasih! Sosok Calon Istri Bikin Gagal Fokus

Terpopuler: