Kamu Kerap Tidur Dengan Nyala Kipas Angin? Awas, Bahaya Ini Siap Mengancam!

via health.com

Serumpi.com – Udara panas kerap membuat orang merasakan ketidaknyamanan saat tidur. Tak ayal kalau beberapa cara dilakukan demi merasakan kenyamanan saat tidur. Salah satu cara yang kerap dipilih adalah dengan menyalakan AC atau kipas angin saat tidur.

Hembusan kipas angin yang membuat ruangan panas berubah menjadi sejuk kerap membuat sebagian orang lupa kalau sebenarnya kipas angin bukanlah pilihan yang baik. Pasalnya, kipas angin yang menyala sepanjang malam akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Seperti yang dilansir dari health.com, kipas angin banyak dipilih masyarakat karena harganya yang murah dan juga cukup efektif untuk membuat tubuh terasa lebih dingin, tapi di samping itu ada bahaya kesehatan yang mengincar.

Beberapa pakar kesehatan menyebut jika dapat menyebabkan Bell palsy atau penyakit yang menyebabkan sistem saraf pada wajah menjadi tegang. Lantaran hal tersebut, seseorang akan sulit tersenyum dan susah berekspresi. Penyebabnya adalah angin dari kipas angin yang sepanjang malam terus mengenai wajah.

Tak hanya itu, seseorang yang terbiasa tidur dengan posisi kipas angin menyala sepanjang malam akan lebih rentan terkena penyakit asma. Terlebih bagi mereka yang memiliki alergi terhadap debu, terpaan angin yang menerbangkan debu akan lebih mudah menempel dan terhirup oleh pernapasan saat tidur.

via bangkapos.com

Beberapa pakar kesehatan lain juga menyebutkan kalau menyalakan kipas angin terlebih saat tidur juga bisa membuat iritasi sinus. Saat menyalakan kipas angin udara di dalam ruang akan cenderung menjadi kering. Semakin udara kering maka selaput lendir dalam rongga hidung akan berproduksi lebih banyak. Akibatnya saluran pernapasan menjadi tersumbat.

Lebih berbahaya lagi, kipas angin yang menyala sepanjang malam akan menyebabkan dehidrasi, yaitu kondisi di mana cairan tubuh akan habis dan tubuh mengeluarkan keringan disertai rasa haus luar biasa bisa serta kepala akan terasa pusing saat bangun tidur.