Waspadalah, 5 Benda di Rumah yang Lazim Digunakan Ini Ternyata Mudah Meledak

via tribunnews.com

Serumpi.com – Sadar atau tidak, beberapa barang yang ada di dalam rumah kita memiliki potensi mudah meledak. Benda-benda tersebut kerap kita jumpai dan sering digunakan. Jelas ini akan menimbulkan bahaya apabila tidak kita perhatikan dan merawatnya dengan benar.

Dalam keadaan tertentu, kelima benda ini bisa meledak, sehingga kita harus lebih waspada dalam pemakainnya. Melansir dari Tribunstyle, berikut ini adalah 5 benda yang bisa meledak dalam keadaan tertentu :

1. Bohlam lampu

via tribunnews.com

Bohlam lampu bisa meledak jika dasar bohlam tidak ditutup dengan sempurna oleh pabrik, karena bagian dasar tersebut bisa meleleh. Hal ini membuat tekanan gas di dalam bohlam akan berubah hingga berujung pada ledakan.

2. Hair spray

via tribunnews.com

Kaleng hair spray bahkan bisa berubah menjadi bom apabila tidak disimpan dengan benar. Jangan pernah letakkan kaleng aerosol di bawah sinar matahari secara langsung.

Selain hairspray, produk kecantikan lain seperti perfume hingga deodoran mengandung zat kimia yang mudah terbakar. Jangan taruh di dekat jendela yang terkena sinar matahari, karena bisa meledak.

3. Water Heater

via tribunnews.com

Jika saluran pengatur tekanan water heater bocor, tandanya di dalam tangki mesin suhunya terlalu panas atau tekanan terlalu tinggi. Sehingga mesin pemanas air bisa meledak.

4. Smartphone

via tribunnews.com

Smartphone bisa meledak berasal dari baterai lithium pada smartphone. Baterai lithium berfungsi menyimpan energi di dalam gadget. Kemudian energi tersebut pelan-pelan dilepaskan untuk mengaktifkan gadget. Tapi ketika sejumlah besar energi dilepaskan di waktu bersamaan, baterai tidak mampu menahan tekanan yang dihasilkan, hingga berujung pada ledakan. Baterai meledak biasaya disebabkan oleh paparan terhadap panas, benturan, atau akibat cacat pabrik.

5. Laptop

via tribunnews.com

Tak hanya pada smartphone, baterai lithium yang digunakan oleh laptop juga bisameledak dalam kondisi tertentu.


Previous article9 Gaya Ekspresif Nagita Slavina & Rafathar saat Pemotretan, Bikin Gemas
Next articleNggak Cuma Sukses Ngartis, Sederet Seleb ini Ternyata Pernah Jadi Dosen Tamu di Universitas Indonesia

Terpopuler: