Awas!! Selain Permen, Sederet Makanan Ini Juga Disebut Bisa Merusak Gigi

via tribunnews.com

Serumpi.com – Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan terkena bakteri. Berfungsi sebagai alat untuk mengunyak segala makanan yang masuk ke mulut, tak ayal kalau tanpa disadari gigi kerap terkena bakteri dan membuatnya terasa sakit.

Selama ini mungkin banyak orang beranggapan kalau makan permen bisa menyebabkan sakit gigi. Memang benar, kandungan gula yang terlalu tinggi pada permen dinilai kurang baik bagi kesehatan gigi. Kendati demikian, permen bukanlah satu-satunya makanan yang bisa menyebabkan sakit gigi lho!

Seperti yang dilansir dari health.com, Selain permen, ternyata banyak minuman dan makanan lain yang bila dikonsumsi terlalu sering bisa menimbulkan masalah pada gigi. Terlebih jika ditambah malas menggosok gigi dan tidak rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter.

Sayangnya, makanan tersebut justru menjadi kegemaran banyak orang. Tak ayal kalau banyak orang yang kerap terserang sakit gigi meski dirinya bukanlah penggemar permen. Kira-kira apa saja ya makanan yang bisa merusak gigi tersebut? simak ulasan berikut!

Baca Juga: Jadi Kebiasaan, Ahli Ungkap Sederet Kesalahan Paling Sering Dilakukan Saat Sarapan

1. Kopi, teh, frappe

via health.com

Menjadi kegemaran hampir sebagian besar masyarakat Indonesia, kopi dan teh sebenarnya bersifat asam dan diuretik. Artinya bisa mengeringkan mulut, sementara air liur merupakan sistem penyangga alami untuk membersihkan sisa makanan di mulut. Ketika kehabisan liur, maka seseorang akan lebih rentan mengalami gigi berlubang dan gusi.

2. Keripik

via kuliner.com

Siapa yang menyangka jika camilan super enak ini bisa merusak gigi? ya, keripik keras bukan hanya dapat melukai gusi. Sebagai karbohidrat olahan, camilan ini pada dasarnya adalah makanan untuk bakteri mulut.

3. Balok Es

via foody.id

Selain suhu dinginnya, kebiasaan mengunyah bongkahan es juga dinilai kurang baik bagi kesehatan gigi. Ya, kebiasaan tersebut pasalnya dapat menyebabkan gigi mudah keropos.

4. Alkohol

via liputan6.com

Selain pewarna dan gula, alkohol juga bersifat mengeringkan mulut. Kondisi tersebut dapat membuat gigi lebih rentan berlubang dan menjadi sarang bakteri.