Bukan Hanya Bikin Sakit Perut, Ternyata Makanan Pedas Juga Ada Manfaat Lain Buat Tubuh

via steemit.com

Serumpi.com – Siapa sih yang nggak suka dengan makanan pedas? Sensasinya yang begitu menggoda lidah membuat makanan pedas begitu banyak disukai oleh pecinta kuliner. Sayangnya, meski makanan pedas banyak digandrungi oleh pecinta kuliner, nyatanya makanan pedas menjadi salah satu pemicu sakit perut.

Meski selama ini makanan pedas disebut menjadi salah satu penyebab sakit perut, nyatanya makanan pedas juga memiliki manfaat yang cukup menakjubkan lho bagi tubuh.

Melansir dari health.com, selama ini makanan pedas selalu menjadi menu andalan para pecinta kuliner. Bahkan beberapa orang merasa kurang puas saat mereka harus makan tanpa menggunakan sambal. Tak ayal kalau makanan pedas kerap dijadikan sebagai menu andalan di berbagai rumah makan.

Sayangnya, meski banyak digemari ternyata makanan pedas kerap menjadi pemicu naiknya asam lambung. Tak ayal kalau makanan pedas menjadi salah satu makanan yang harus dihindari bagi mereka pemilik gangguan kesehatan pada lambung.

Meskipun begitu, berbahagialah tak perlu khawatir bagi pecinta makanan pedas. Meski kerap disebut sebagai pemicu sakit perut, ternyata makanan pedas memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

via vemale.com

Beberapa jenis cabai seperti cabai merah, hijau, rawit, keriting, dan juga jalapeño mengandung capsaicin. Senyawa tersebut merupakan bioaktif yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Salah satunya sebagai pengobatan lokal untuk meringankan rasa sakit. Selain itu, cabai juga bisa meningkatkan performa sistem imun tubuh, merangsang kerja ginjal, paru-paru, dan jantung.

Tak hanya itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan kalau sensasi panas yang dihasilkan saat makan cabai atau makanan pedas ternyata menstimulasi lemak cokelat.  Lemak ini disebut bisa mendorong kinerja metabolisme tubuh menigkat hingga 5 persen.

Metabolisme tubuh yang semakin baik tersebut akan membantu membakar lemak tubuh lebih cepat dan efisien. Kondisi tersebut sudah pasti sangat membantu para penggiat program diet yang ingin menurunkan berat badan mereka.