Dalam Literature Ilmiah, Ikan yang Aneh Ini Disebut Ikan Sangat Jelek! Lihat Bentuknya

 

via kompas.com

Serumpi.com – Alam memang selalu menyimpan misteri serta keajaiban. Salah satunya adalah hewan yang dalam bahasa Inggris dinamakan sarcastic fringehead ini. Hewan tersebut memiliki bentuk aneh bahkan sangat mengerikan. Banyak yang orang tidak menyangka ikan ini benar-benar nyata. Habitat ikan tersebut berada di perairan Pasifik, tepatnya di lepas Pantai Amerika Utara sepanjang San Francisco hingga Baja California di Meksiko.

Sarcastic fringehead tidak mudah diamati karena kera bersembunyi di lubang seperti celah berbatu bahkan di sepotong sampah. Selain itu, hewan tersebut dikenal memiliki sifat pemarah. Mereka sering mengintai mangsa dari dalam lubang persembunyian kemudian tiba-tiba menyergap. Apabila sudah menentukan mangsanya, maka apapun yang ada di dekatnya bakal  menjadi sasaran, termasuk penyelam.

ia gizmodo.com

Rumornya, ikan yang nampak seperti boneka kaos kaki dengan mata cokelat kusam ini tidak mudah melepaskan mangsanya. Seperti yang dilansir kompas.com dari Science Alert, pada Sabtu (19/01/2019), dalam literatur ilmiah, ikan ini disebut “sangat jelek”.

Penyebutan ini bukan tanpa alasan karena, ketika para pejantan bersaing satu sama lain, mereka membentangkan mulutnya. Ketika mulut hewan ini terbuka, penampilan mereka lebih mengerikan lagi. Barisan gigi tajam berada di tengah mulut seperti paruh burung yang dirotasi 90 derajat. Mulut tersebut seperti berwarna-warni.

via pinterest.com

Penelitian tesis dari ahli biologi kelautan Watcharapong Hongjamrassilp menunjukkan Sarcastic fringehead menggunakan warna mulut mereka untuk berkomunikasi satu sama lain. Ketika bertarung, Sarcastic fringehead seperti berciuman.

Kedua ikan yang menyeramkan tersebut akan saling mendorong mulut mereka untuk menentukan siapa yang terbesar. Sebenarnya ikan ini tidak seseram yang terlihat, ukuran paling besar ikan Sarcastic fringehead hanya mencapai 30 sentimeter saj