Potret Perbandingan Tempoe Doeloe vs Zaman Now 10 Tempat Ikonik di Indonesia, Serasa Nostalgia

    via brilio.net

    Serumpi.com –  Setiap daerah di Indonesia kebanyakan memilii satu ikon atau landmark yang menjadi tempat wisata. Di balik ikon tersebut, biasanya ada cerita unik. Tak jarang tempat tersebut dikenal sebagai tempat bersejarah.

    Seiring perkembangan zaman, puluhan bahkan ratusan tahun tentu tempat-tempat yang bersejarah tersebut sudah banyak yang berubah. Tak hanya bangunan ikonik saja, potret daerah sekitarnya juga berbeda jauh apabila dibandingkan dengan sekarang. Dilansir dari brilio.net, berikut ini adalah wajah lawas vs baru, tempat ikonik yang ada diberbagai daerah.

    1. Dulu tepat pada bagian tengah Jembatan Ampera, Palembang terdapat pemberat. Pemberat tersebut bisa mengangkat jalan. Jalan yang diangkat berfungsi untuk memberikan ruang kepada kapal yang lewat.

    via brilio.net

    2. Lawang Sewu, Semarang tempo dulu dipakai sebagai markas PT KAI. Sebelumnya digunakan sebagai kantor NIS pada zaman Belanda. Foto diatas diambil ketika masih ada kereta api yang lalu-lalang di depan Lawang Sewu.

    via brilio.net

    3. Malioboro, Yogyakarta ditahun 1931 belum seramai sekarang.

    via brilio.net

    4. Saat pertama kali ditemukan, stupa-stupa Candi Borobudur, Magelang sudah hancur. Butuh sekitar 50 tahun merapikan seluruh bagian candi hingga seperti sekarang.

    via brilio.net

    5. Dizaman dulu transportasi andong digunakan untuk menuju ke tempat wisata Jam Gadang, Bukittinggi.

    via brilio.net

    6. Seorang pria bertopi berpose di depan Kawah Sikidang, Dieng. Kini Dieng sudah banyak berubah, banyak bambu di bibir kawah tersebut.

    via brilio.net

    7. Transformasi Monumen Nasional atau Monas di Jakarta. Monas adalah simbol perjuangan bangsa ini untuk menjadi destinasi wisata sejak zaman dulu.

    via brilio.net

    8. Monumen Tugu Jogja ditahun 1939 dan zaman sekarang.

    via brilio.net

    9. Lihat sekeliling Patung Dirgantara atau Patung Pancoran, benar-benar bikin pangling.

    via brilio.net

    10. Meski tidak seindah sekarang, sejak dulu Masjid Agung yang terletak di alun-alun Kota Bandung sudah terlihat megah.

    via brilio.net