Kaya Manfaat, Ternyata Buah ini Sangat Baik Dikonsumsi Saat Musim Penghujan

via health.com

Serumpi.com – Musim hujan biasanya membuat banyak orang malas mengonsumsi buah. Bukan tanpa alasan, musim hujan memang membuat keinginan untuk mengonsumsi makanan kering seperti camilan lebih besar ketimbang harus makan buah yang mengandung banyak air.

Kendati demikian, ternyata ada beberapa buah yang justru menyehatkan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat musim penghujan. Terlebih jika mengingat musim hujan kerap membuat daya tahan tubuh menjadi lemah, maka buah satu ini sangat cocok untuk menjadi pilihan santapan sehari-hari.

Melansir dari health.com, ahli gizi Tan Shot Yen mengungkapkan, buah manggis sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini menjaga tubuh tetap fit dan terhindar dari bakteri maupun virus penyakit.

Baca Juga: Kerap Dianggap Tidak Sehat, 5 Makanan ini Ternyata Baik untuk Tubuh

Untuk buah, di musim hujan seperti ini, buah manggis sangat bagus dikonsumsi. Banyak sekali kan penjual buah yang jual manggis. Sayang sekali kalau tidak dibeli. Bisa busuk nanti manggisnya,” ungkap Tan saat siaran Instagram Live di akun @kemenkes_ri dalam rangka Hari Gizi Nasional 2019.

Bukan tanpa alasan, ahli gizi tersebut merekomendasikan manggis sebagai buah yang baik untuk dikonsumsi saat hujan lantaran adanya kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut hasil dari beberapa penelitian, manggis diketahui kaya antioksidan, terutama mengandung xanthones pada daging buahnya yang berwarna putih. Xanthone adalah polifenol, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-karsinogeni.

via health.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University, Columbus, Amerika Serikat. Buah ini juga kaya vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B6, tiamin, niasin, riboflavin, folat, vitamin C, kalium, dan zinc, berdasarkan laporan USDA National Nutrient Database. Mineral lain, misal kalsium, magnesium, natrium, fosfor, karoten, dan cryptoxanthin juga ditemukan di dalam manggis.

Nah, buat yang tak suka mengonsumsi manggis dalam bentuk aslinya. Buah satu ini juga bisa disajikan dalam bentuk jus atau smothies lho!