Stop Gunakan Bahan Kimia!! Sederet Buah dan Sayur ini Bisa Jadi Pewarna Makanan Alami

via youtube.com

Serumpi.com – Dewasa ini para pecinta kuliner semakin selektif dalam memilih makanan yang bakal menjadi santapan mereka. Tak hanya sekedar rasanya yang lezat, tampilan dan warna makanan juga menjadi daya tarik tersendiri yang tak kalah penting bagi pecinta kuliner.

Umumnya orang akan memilih makanan yang memiliki warna cerah dan menarik. Tak ayal kalau banyak olahan makanan yang akhirnya diberi warna sesuai dengan kegemaran konsumen. Alhasil banyak yang akhirnya memilih untuk menggunakan pewarna buatan sebagai pelengkap olahan kuliner mereka.

Seperti yang dilansir dari health.com, aneka macam makanan dan minuman dengan warna warni cerah memang menggugah selera. Tak jarang orang tertarik membeli makanan dan minuman karena warnanya yang menarik mata.

Sayangnya, penggunaan pewarna makanan buatan tak selalu sehat dan baik untuk tubuh. Beberapa kasus di lapangan bahkan menemukan banyak produses makanan yang menggunakan pewarna kain untuk memberi warna menarik pada produk olahan mereka.

Menyikapi maraknya penggunaan pewarna makanan yang kurang sehat bagi tubuh, para peneliti akhirnya melakukan riset dan menemukan beberapa buah serta sayur yang memiliki pigmen warna cukup kuat.

Menariknya, warna yang dihasilkan dari bahan alami tersebut tak kalah menarik dari warna makanan buatan lho. Penasaran apa saja bahan makanan alami yang bisa digunakan sebagai pewarna makanan? yuk simak ulasannya!

Baca Juga: Kerap Dianggap Tidak Sehat, 5 Makanan ini Ternyata Baik untuk Tubuh

1. Memiliki warna dasar magenta, buah naga bisa digunakan sebagai pewarna makanan yang sehat. Selain buahnya, kulit dari buah ini juga bermanfaat untuk digunakan sebagai pewarna makanan.

via wowkeren.com

2. Wortel selain mengandung vitamin yang cukup banyak, sayur satu ini juga menghasilkan warna orange pada makanan.

via resepkoki.com

3. Untuk warna hijau, bayam dan sawi bisa menjadi salah satu pilihan terbaik agar makanan dapat terhindar dari pewarna buatan yang kurang sehat.

via ruangberbagi.com

4. Bluberry merupakan salah satu jenis beri berwarna biru-violet yang sering dijumpai. Blueberry dapat menghasilkan warna biru alami yang menarik.

via detikfood.com

5. Ubi ungu merupakan salah satu jenis ubi jalar yang kaya nutrisi dan serat berhasiat sebagai anti kanker, umbi ungu juga menghasilkan warna ungu yang sangat cantik.

via hipwee.com