Tolong Waspadai Inilah 5 Penyakit yang Bisa Ditularkan Hewan Ke Manusia, Bisa Berakibat Fatal

via grid.id

Serumpi.com – Hewan peliharaan seperti anjing dan kucing sering dijadikan sebagai teman. Menjadi hal yang sangat menyenangkan jika anjing dan kuncing peliharaan bersikap manja. Namun demikian, hewan ini bisa menderita penyakit yang dapat ditularkan pada manusia, salah satunya adalah rabies.

Penyakit ini juga disebut sebagai penyakit anjing gila, yaitu penyakit yang menyerang otak serta sistem saraf manusia, yang disebarkan lewat gigitan anjing.  Melansir dari jpnn.com, selain rabies, masih ada beberapa penyakit hewan peliharaan yang dapat menyerang Anda.

1. Worms

Gejala: Mual, muntah, diare, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan.

Anjing dan kucing membawa parasit usus, termasuk cacing gelang dan cacing tambang. Parasit ini dibawa oleh anak anjing dan anak kucing dan hewan yang menghabiskan banyak waktu di luar. Telur cacing dan larva bisa menyebar lewat kotoran hewan.

2. Ringworm

Gejala: Gatal, ruam merah  terkadang berbentuk bulatm bersisik atau basah dan berkerak, rambut rontok di daerah yang terkena. Ringworm Kurap atau adalah infeksi jamur, bukan parasit. Kurap pada hewan bisa menular.

via tribunnews.com

3. Cat -scratch

via gridid

Gejala: Bengkak pada lokasi gigitan atau goresan, pembengkakan kelenjar getah bening, demam, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, kelelahan, kehilangan nafsu makan. Goresan kucing bisa berakibat buruk ketika ada bakteri Bartonella henselae. Infeksi bakteri ini bisa ditularkan dari kucing ke manusia lewat.

4. Giardiasis

Gejala: Diare atau kotoran yang tampak berminyak, kram perut, mual, muntah, dehidrasi.  Kucing dan anjing  dapat menyebarkan parasit giardia lewat kotoran mereka.

via tribunnews.com

5. Toxoplasmosis

Gejala: Nyeri otot, demam, sakit kepala, kebingungan, kejang, muntah, diare.

Kebanyakan pemilik kucing pasti tahu tentang toxoplasmosis . Penyakit parasit yang ditularkan kucing lewat kotoran mereka.


Previous articleAhmad Dhani Dipenjara, Dul Jaelani Dipercaya Gantikan Sang Ayah Untuk Konser Dewa 19 di Malaysia
Next articleTak Pernah Terekspos Publik, Gaya Ibu Nia Ramadhani Ternyata Nggak Kalah dengan Anaknya, Elegan dan Awet Muda!

Terpopuler: