Jarang yang Tahu, Ternyata inilah Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

via hellosehat.com

Serumpi.com – Dewasa ini, kulkas menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Berfungsi untuk menjaga suhu makanan agar tak layu, kulkas masih menjadi satu-satunya peralatan rumah tangga yang dipilih oleh sebagian besar orang.

Sayangnya, sejauh ini masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara menyimpan makanan di dalam kulkas dengan benar. Tak heran kalau banyak orang yang mengeluh saat sayur atau buah yang mereka simpan justru busuk dan tak lagi bisa dikonsumsi.

Melansir dari hellosehat.com, selain mempertahankan kesegaran dan rasa, cara menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar juga akan menjaga zat gizi yang terkandung di dalamnya.

Sebaliknya, jika menyimpan makanan di dalam kulkas secara asal-asalan, bukan tidak mungkin makanan tersebut justru cepat basi dan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa aturan yang harus diperhatikan agar makanan bisa lebih tahan lama ketika disimpan di dalam kulkas.

Baca Juga: Kaya Manfaat, Ternyata Buah ini Sangat Baik Dikonsumsi Saat Musim Penghujan

1. Perhatikan suhu kulkas

via okezone.com

Suhu kulkas adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam menyimpan makanan. Usahakan kulkas selalu berada pada suhu 5º Celsius atau lebih rendah untuk menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya pada makanan.

Nah, untuk mengecek suhu kulkas, setidaknya harus memeriks secara rutin suhu pada kulkas minimal seminggu sekali pada pagi hari. Untuk menjaga suhu kulkas tetap stabil, pastikan juga pintu kulkasnya selalu tertutup rapat.

2. Perhatikan jenis makanan 

via detikfood.com

Makanan seperti daging mentah, ikan, serta unggas harus disimpan dalam wadah tertutup (kedap udara) di bagian freezer. Selain itu, hindari menyimpan telur di balik pintu kulkas karena hal tersebut justru dapat membuatnya cepat busuk.

3. Rajin membersihkan kulkas

via hellosehat.com

Membersihkan kulkas secara teratur juga menjadi poin penting agar tidak ada bakteri yang tumbuh di dalam kulkas. Membersihkan kulkas sebaikanya dilakukan setiap seminggu sekali.