Rutin Konsumsi Madu, Simak Khasiat Mengejutkan yang Diperoleh!

via detikfood.com

Serumpi.com – Madu dikenal sebagai bahan alami yang memiliki cukup banyak manfaat. kerap dijadikan sebagai pelengkap hidangan tertentu, madu memang memiliki daya tarik lantaran rasa manis alaminya.

Sayangnya, sejauh ini madu hanya digunakan sebagai makanan pelengkap yang disajikan bersama dengan roti. Padahal menurut pakar kesehatan, madu sangat baik dikonsumsi rutin setiap hari.

Melansir dari health.com, Madu dikenal banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan. Rasa manis yang alami, membuat madu disukai hampir semua orang. Madu dapat dioleskan ke roti, diminum langsung atau dicampur ke dalam makanan.

Menariknya, mengkonsumsi madu secara rutin ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah membuat tidur lebih nyenyak. Madu mengandung nutrisi yang disebut tryptophan, hormon yang membantu lebih rileks dan memberi tubuh sinyal untuk segera tidur.

Baca Juga: Jarang yang Tahu, Ternyata inilah Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

Otak membutuhkan zat yang disebut glikogen dan menginduksi kelenjar adrenalin yang terletak di ginjal untuk mengeluarkan adrenalin dan kortisol. Berkat kandungan glikogen yang terdapat dalam madu, maka mengonsumsi madu sebelum tidur dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Tak hanya itu, madu juga dapat membantu dalam menurunkan berat tekanan darah.  Tekanan darah tinggi bisa berpotensi menyebabkan penyakit jantung. Maka dari itu, perlu menjaga agar tekanan darah tetap stabil, sehingga dapat mencegah komplikasi jantung.

via materikimia.com

Madu mengandung senyawa antioksidan yang telah terbukti mengurangi tekanan darah tinggi. Pasalnya, minum sesendok madu di malam hari cara terbaik untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Lebih mengejutkan lagi, madu sangat berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Madu kaya akan antioksidan dan agen antibakteri yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga membuat lebih kuat dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan virus lainnya.

Tak heran, kalau dewasa ini banyak pakar kesehatan yang menyarankan madu untuk selalu dikonsumsi setiap hari. Mengingat banyaknya manfaat yang dikandungnya, madu memang layak menjadi pilihan konsumsi sehari-hari.


Previous articleSempat jadi Tanda Tanya, Terungkap Penyebab Meninggalnya Saphira Indah
Next articleSekarang Hidupnya Serba Mewah, Artis Cantik ini Beberkan Kisah Pahitnya Saat Pacaran

Terpopuler: