Menyedihkan!! 4 Makanan ini Ternyata Paling Banyak Terbuang Setiap Tahun

via lifestyleindonesia.com

Serumpi.com – Pernah makan tapi sudah kenyang sebelum sempat menghabiskan semua hidangan? jawabannya pasti pernah. Nah, ternyata baru-baru ini ada sebuah riset yang meneliti jenis makanan apa saja yang paling sering terbuang.

Sadar atau tidak, ternyata hasil riset tersebut sungguh mencengangkan. Bukan hanya soal banyaknya sisa makanan yang kerap terbuang sia-sia, ternyata ada jenis makanan tertentu yang paling sering dibuang.

Tak hanya lantaran sisa makanan yang tak habis di makan, makanan yang cepat kedaluarsa juga menjadi penyumbang banyaknya sisa makanan yang terbuang. Padahal, jika menilik lebih jauh, masih banyak saudara-saudara kita yang merasakan deritanya kelaparan.

Melansir dari liputan6.com, limbah makanan atau dikenal dengan food waste menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi hampir seluruh negara di dunia. Di Inggris saja, makanan senilai 13 miliar pound sterling terbuang setiap tahunnya.

Salah satu penyumbang terbesar food waste adalah makanan kedaluwarsa yang berakhir di tempat sampah. Ironisnya, ada jutaan manusia yang mengalami masalah kelaparan. Sementara, manusia di kota besar membuang makanan yang tidak habis mereka konsumsi. Lalu apa saja jenis makanan yang terbuang sia-sia?

Baca Juga: Jarang yang Tahu, Ternyata inilah Cara Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar

1. Roti

via lifestyleindonesia.com

Dikonsumsi oleh hampir seluruh penduduk dunia, roti rupanya menduduki peringkat pertama dari deretan makanan yang kerap terbuang sia-sia. Sebagai makanan yang cukup cepat kedaluarsa, pasalnya hampir 240 juta irisan roti terbuang setiap tahun.

2. Susu

via tirto.id

Memiliki daya tahan yang tak begitu lama, sekitar 5,9 juta gelas susu sengaja di buang ke westafel tiap tahunnya. Minuman yang satu ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi pertumbuhan, terutama anak-anak, namun sayang susu justru masih banyak dibuang sia-sia.

3. Kentang

via kompas.com

Ada sekitar 5,8 juta kentang tiap tahun yang berakhir di tempat pembuangan. Kentang dianggap sebagai makanan berkarbohidrat pengganti nasi atau tepung. Namun sayang, perubahan suhu yang kerap tak menentu membuat kentang tak bisa bertahan lama lantaran busuk.

4. Keju

via megazine.com

Disebut sebagai makanan orang kaya, keju yang kaya manfaat juga masuk dalam deretan makanan yang sering terbuang karena salah penyimpanan.