Musik Bisa Berpengaruh Baik Untuk Kesehatan, Setidaknya Ada Tiga Manfaat Ini yang Bisa Didapatkan

via tribunnews.com

Serumpi.com – Ada beragam manfaat dari terapi musik yang dapat diperoleh. Selain mampu meningkatkan kesehatan mental, terapi musik diyakini bisa memperbaiki kualitas dari hidup seseorang yang memiliki masalah kesehatan fisik.

Terapi musik biasanya dilakukan oleh seorang terapis profesional dan memiliki gelar sarjana pada bidang terapi musik. Seorang terapis musik akan mengidentifikasi serta mempertimbangkan penerapan terapi musik sesuai kebutuhan pasien. Terapi musik bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mendengarkan musik, bernyanyi, bermain alat musik, hingga menulis sebuah lagu. Melansir dari alodokter inilah beberapa hal tentan terapi music.

1. Meningkatkan kualitas tidur bagi penderita insomnia

via hellosehat.com

Manfaat terapi musik juga sangat berguna untuk terapi insomnia. Dengan mendengarkan musik yang disukai tubuh bisa lebih rileks. Penelitian menunjukkan, mendengarkan musik sebelum tidur mampu meningkatkan kualitas tidur penderita insomnia.

2. Bermanfaat bagi pasien demensia

via hello sehat

Pada penderita demensia, terapi musik mampu meningkatkan kemampuan penderita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Metode terapi musik umumnya disesuaikan dengan kondisi penderita demensia.
Terapi musik yang tepat bisa mengurangi gejala bahkan memperbaiki suasana hati, dan mengurangi kegelisahan bagi penderita demensia.

3. Membangun serta mengembangkan keterampilan para penderita autism

Pada penderita autisme, terapi musik bisa membangun keterampilan, mengurangi kecemasan, bahkan dapat mengembangkan kemampuan komunikasi penderita autisme.
Terapi musik yang untuk orang dengan autisme, biasnya dengan mendengarkan lagu sederhana yang cocok dengan suasana hati atau keinginan pasien. Diharapkan lewat aktivitas ini penderita autism bisa merasa nyaman, percaya diri, bahkan mampu mengekspresikan emosi lebih luas, dan bisa menjalin berkomunikasi dengan orang lain.

Namun perlu diingat, terapi musik tidak dapat menggantikan pengobatan medis. Jadi, tetaplah berkonsultasi tentang kondisi kesehatan kalian ke dokter.