Sebenarnya Jenis Makanan ini Sehat, Sayang Kerap Dikonsumsi Dengan Cara Yang Salah

via aladokter.com

Serumpi.com – Ada beberapa pepatah yang mengatakan, jika makanan yang sehat bisa saja berubah menjadi berbahaya jika dikonsumsi dengan cara yang salah. Hal tersebut ternyata benar adanya.

Beberapa jenis makanan berikut ini aslinya merupakan jenis makanan sehat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayangnya, lantaran cara konsumsi yang salah makanantersebut justru berubah menjadi racun yang membahayakan tubuh.

Melansir dari health.com, beberapa jenis makanan sehat yang justru berubah menjadi berbahaya mungkin sangat sering dijumpai, bahkan beberapa menjadi makanan pokok yang wajib dikonsumsi sehari-hari. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak ulasannya!

1. Apel

via aladokter.com

Buah satu ini merupakan salah satu jenis buah yang selalu hadir dalam daftar makanan sehat. Wajar saja, lantaran buah berwarna merah tersebut mengandung kadar vitamin yang bisa menyehatkan tubuh.

Sayangnya, kadar vitamin pada buah apel justru akan hilang jika dimakan dengan cara mengupas kulitnya. Hal ini lantaran kulit apel sebenarnya mengandung serat dan antioksidan.

2. Kacang

via aladokter.com

Beberapa orang beranggapan kalau mengonsumsi kacang mentah dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun hal tersebut rupanya tidaklah benar. Hal tersebut lantaran kacang mentah mengandung anti-nutrisi seperti lektin dan asam fitat yang bisa menyebabkan irtitasi pada usus.

Sebaliknya, untuk mengurangi kandungan anti-nutrisi tersebut, beberapa pakar kesehatan menyarankan untuk merendam dan mengeringkan dahulu kacang sebelum dikonsumsi.

3. Bayam

via suara.com

Senada dengan kacang, daun yang banyak digemari sebagai pelengkap berbagai menu makanan tersebut juga kerap dikomsumsi dengan cara yang salah. Menurut para ahli kesehatan, sebelum dikonsumi seharusnya bayam dimasak terlebih dahulu untuk  menurunkan asam oksalat dan bisa meningkatkan kadar vitamin A dan E, protein, serat, seng, kalsium, dan zat besi.

4. Bawang Putih

via tribunnews.com

Bawang putih biasanya langsung dimasak sesaat setelah dicincang. Padahal, menunggu beberapa menit justru lebih dianjurkan lho.

Pasalnya, bawang putih mengandung senyawa alisin atau sejenis senyawa aktif yang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan menurunkan risiko kanker paru-paru. Nah, senyawa aktif tersebut akan muncul jika bawang yang sudah dicincang didiamkan terlebih dahulu selama beberapa menit.

5. Pisang

via instagram.com

Pisang merupakan buah yang kerap dikomsumsi sebagai makanan sehat. Namun siapa sangka, kalau sebaiknya buah pisang dikonsumsi dengan cara mengkombinasikan dengan buah yang lain untuk membantu memetabolisme kandungan gula yang ada pada pisang