Kerap Disebut Makanan dari Hutan, Rebung Ternyata Punya Manfaat yang Sangat Mengejutkan

via klikdoket.com

Serumpi.com – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan hayati cukup beragam. Tak heran kalau banyak tanaman yang hidup dan tumbuh subur di wilayah Indonesia. Sayangnya, sejauh ini pemanfaatan keanekaragaman hayati tersebut belum begitu diperhatikan, terlebih untuk beberapa jenis tanaman yang dianggap liar.

Bambu misalnya, selain batangnya yang dimanfaatkan untuk bahan kegiatan bangunan, rebung bambu ternyata bisa dikonsumsi. Sejauh ini, rebung memang sudah dikonsumsi oleh beberapa masyarakat Indonesia. Kendati demikian, bakal bambu tersebut masih kerap disebut sebagai makanan murahan dari hutan.

Padahal, rebung sendiri memiliki kandungan gizi yang cukup beragam lho. Lebih mengejutkannya lagi, rebung juga menjadi satu dari beberapa makanan yang dianggap mengandung zat anti kanker.

Melansir dari health.com, merupakan tunas bambu muda yang berasal dari hutan tradisional di China selama lebih dari 2.500 tahun lalu. Sejauh ini rebuh sudah mulai dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Mudah dan Murah, Begini Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok dan Membersihkan Paru-paru

Meski sempat dipandang sebelah mata, namun berkat tangan kreatif rebung bisa disulap menjadi makanan yang lezat. Menariknya lagi, tunas bambu tersebut ternyata juga kaya nutrisi, sehingga menjadikannya sebagai salah satu makanan kesehatan yang paling populer di dunia.

Menurut pakar kesehatan, rebung mengandung berbagai macam kandungan vitamin dan meniral yang bermanfaat bagi tubuh. Rebung juga diketahui memiliki kadar gula 2,5 persen lebih rendah dari sayuran lain sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

via detikfood.com

Sebagai makanan alami, rebung diketahui bermanfaat dalam proses penurunan berat badan, karena kandungan kalori, karbohidrat, gula, serta lemak yang cukup rendah. Tak heran kalau rebung kerap dipilah menjadi makanan ideal untuk orang-orang yang tengah melakukan diet.

Kandungan berbagai macam vitamin, mineral, dan antioksidannya dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, menurut sebuah studi, kandungan pitosterol dan fitonutrien yang ditemukan dalam manfaat rebung dapat berguna untuk membantu melarutkan kolesterol jahat (LDL) yang berbahaya dalam tubuh.

Beberapa studi penelitian juga menunjukkan bahwa rebung memiliki kandungan pitosterol seperti flavon, amilase, dan klorofil. Klorofil yang terkandung dalam daun rebung menunjukkan sifat mengendalikan kanker. Selain itu, rebung juga menandung zat alami fitokimia yang dipercaya dapat mencegah kanker dan mengurangi risiko pengerasan arteri.