Termasuk di Indonesia, 7 Tempat Wisata yang Populer dari Berbagai Dunia Hancur Setelah Terkenal

via tribunnews.com

Serumpi.com – Di Jogja ada peristiwa miris yang pernah terjadi. taman bunga amarilis di Jogja yang heboh beberapa tahun lalu rusak setelah diserbu para penggila foto dan ingin terlihat eksis di media sosial. Ternyata beberapa kasus rusaknya tempat wisata akibat ulah mengunjung tak hanya terjadi di Indonesia.

Setidaknya ada 7 tempat wisata populer di dunia yang keindahan alamnya rusak setelah terkenal. Ada berbagai penyebab hancurnya tempat wisata ini misalnya sampah, coretan vandalisme hingga sengaja dirusak. Seperti yang dilansir tribunnews.com dari brightside.me, inilah 7 tepat yang hrusah setelah terkenal.

1. Maya Bay di Phi Phi Islands, Thailand

via tribunnews.com

Tempat ini menjadi populer setelah film The Beach yang dibintangi Leonardo DiCaprio syuting di daerah tersebut. Imbasnya, sekitar 5.000 orang setiap hari mendatangi pantai tersebut. Hingga pada Juni 2018, Maya Bay  ditutup untuk pemulihan tanpa batas waktu.

2. Coral di Christmas Island, Australia

via tribunnews.com

Hanya dalam waktu 10 bulan, lebih dari 90% terumbu karang bisa hancur. Beberapa karang memutih bahkan lainnya mati. Ini karena stres panas yang disebabkan perubahan iklim dan tingginya aktifitas wisata.

3. Gua Altamira di Spanyol

via tribunnews.com

Gua Altamira ditutup bagi pengunjung pada tahun 2002. Secara tidak langsung para wisatawan merusak lukisan hanya dengan bernapas karena menghasilkan uap air dan karbon dioksida yang membuat beberapa lukisan menjadi berjamur. Pada tahun 2001, sebuah replika gua dan museum dibangun di dekatnya agar wisatawan menikmati reproduksi.

4. Wedding Cake Rock di Australia

via tribunnews.com

Batuan ini sangat populer pada tahun 2015 dan ditutup karena kekhawatiran tentang stabilitasnya.

5. Raja Ampat, Indonesia

via tribunnews.com

Terumbu karang seluas 1.600 meter persegi hancur karena kapal pesiar pada tahun 2017. Akibatnya, butuh waktu puluhan tahun untuk pemulihannya. Tempat yang populer di kalangan penyelam tersebut diperkirakan mengalami nilai kerusakan sekitar $ 18,6 juta atau Rp 260 miliar.

6. Duckbill, Oregon

via tribunnews.com

Formasi batu ini merupakan objek wisata yang populer hingga 29 Agustus 2016. Namun tindakan tak terpuji dilakukan oleh sekelompok orang menembus pagar serta menghancurkan monumen alam karena teman mereka mengalami insiden patah kaki ditempat tersebut.

7. Pont des Arts di Paris

via tribunnews.com

Jembatan yang terkenal karena dipenuhi oleh gembok cinta terpaksa harus dibersihkan. Karena kumpulan gemboknya bisa mencapai 45 ton. Pemerintah, mengkhawatirkan keadaan Sungai Seine karena kunci yang dilemparkan ke dalamnya. Belum lagi khawatir jembatan runtuh.

Akhirnya puluhan ribu gembok dilepas kini diganti panel kaca sehingga orang tidak bisa mengunci gembok cinta disana