Telur Rebus Atau Telur Goreng, Mana yang Lebih Sehat? Ternyata ini Faktanya!

via suara.com

Serumpi.com – Dikenal memiliki kandungan protein hewani yang cukup tinggi, telur memang masuk ke dalam kelompok makanan yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Tak heran kalau telur kerap dijadikan sebagai menu sehat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Sejaun ini, telur biasa dikonsumsi dalam bentuk digoreng atau dimakan. Kendati demikian, tak sedikit pula yang mengolah telur menjadi makanan super lezat lainnya. Ngomongin soal telur, sebenarnya mana yang lebih sehat antara telur goreng atau telur rebus?

Melansir dari health.com, perihal perdebatan mana yang lebih sehat antara telur rebus atau telur goreng, ternyata beberapa ahli sudah melakukan penelitian dan hasilnya sukses mengejutkan para pecinta telur.

Baca Juga: Kerap Disebut Makanan dari Hutan, Rebung Ternyata Punya Manfaat yang Sangat Mengejutkan

Penelitian tentang cara memasak telur ini diterbitkan oleh sebuah jurnal pada November 2006. Pada British Journal of Nutrition, peneliti menemukan jika telur yang direbus lebih baik dibanding telur goreng.

Hal ini sebabkan karena telur rebus memiliki lemak yang lebih rendah, termasuk lemak jenuh. Sedangkan lemak jenuh yang terkandung di dalam telur goreng dapat berpotensi meningkatkan kolesterol Anda.

Melihat perbandingan kadar lemaknya, telur goreng memiliki kadar lemak lebih banyak 1,5 gram dibandingkan telur rebus. Pasalnya, Mengonsumsi telur rebus dapat menghasilkan 15 persen lebih banyak vitamin.

via sajianlezat.com

Vitamin ini terdiri dari Riboflavin yang menghasilkan sel darah merah. Zat tersebut juga diyakini mampu mengubah karbohidrat menjadi energi. Tak hanya itu, telur rebus juga memiliki vitamin B-12 yang baik untuk syaraf otak.

Meski begitu, bukan berarti telur goreng tidak baik untuk dikonsumsi. Telur goreng sendiri tetap mengandung mineral fosfos meskipun dalam jumlah kecil. Fosfor bekerja untuk memperkuat tulang dan menjaga fungsi ginjal.

Terlepas dari kandungan lemaknya, telur memang memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh.  Pasalnya menurut American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi telur pada orang sehat tidak langsung meningkatkan resiko penyakit jantung.