Bisa Melawan Kanker dan Aman Untuk Penderita Asam Urat, Inilah 6 Manfaat Terung yang Jarang Diungkap

via blogspot.com

Serumpi.com – Tidak banyak yang tahu bahwa terung ternyata memiliki segudang manfaat yang tak bisa diremehkan. Meskipun murah, namun terung memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Bahkan terung diklaim bisa  mengatasi asam urat.

Melansir dari Dr. Axe, terung merupakan sayuran yang memiliki kandungan tinggi, fitonutrien khusus termasuk senyawa fenolik, flavonoid seperti nasunin, sertabanyak vitamin dan mineral juga. Melansir dari grid.id inilah 6 manfaat terong untuk kesehatan.

1. Melawan kanker

Terung memiliki 13 jenis asam fenolik sebagai pelindung tubuh. Setiap terung memiliki kadar antioksidan dan fitonutrien, yang memiliki kualitas yang sama yaitu melawan kanker. Asam klorogenat pada kulit terung berfungsi menghentikan radikal bebas sebagai penyebab kanker.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Sebuah penelitian mengatakan bahwa terung baik untuk kesehatan jantung. Dikarenakan bisa melawan inflamasi dan stres oksidatif, sehingga dapat menghasilkan arteri yang sehat dan kadar kolesterol yang seimbang.

via tribunnews.com

3. Melancarkan saluran pencernaan

Terung mengandung banyak air sehingga rendah kalori. Mengonsumsi sayuran yang memiliki kadar air, serat, dan nutrisi yang tinggi bisa mengusir zat beracun dalam saluran pencernaan. Saluran pencernaan serta usus besar harus terhidrasi dengan baik yang berfungsi untuk mendorong tinja melalui usus dan keluar dari tubuh.

4. Sehat untuk tulang

Dalam satu gelas terung terdapat  5 persen kebutuhan harian mangan. Mangan adalah mineral yang terjadi secara alami didalam tubuh dalam jumlah yang kecil, sehingga sisanya harus diperoleh dari berbagai jenis makanan sehat. Mangan bertindak sebagai antioksidan yang berfungsi mengeluarkan radikal bebas dan berkontribusi terhadap pembentukan struktur tulang.

via ilmudasartani.blogspot.com

5. Mencegah kanker kulit

Ekstrak terung yang dijadikan krim  bisa mencegah kanker kulit. Krim ini mengandung 10 persen solasodine rhamnosyl glycosides (BEC) yang bisa  mengatasi beragam kanker kulit seperti keratosis, basal cell carcinomas, dan squamous cell carcinomas.

6. Mengatasi asam urat

Terung ternyata rendah purin, makanan yang dianggap rendah purin memiliki kurang dari 100 mg purin per 3,5 ons atau 100 gram. Sedangkan kandungan purin aman untuk penderita asam urat.


Previous articleKena Prank Atta Halilintar, Lucinta Luna Ngamuk Hingga Lempar Sepatu dan Tas
Next articleNyaris Tak Terekspos, Diam-diam Ternyata Artis ini Sudah Menikah Lagi Sejak 2 Tahun Lalu

Terpopuler: