Rutin Makan Pisang Setiap Hari, Tak Disangka ini yang Bakal Terjadi Pada Tubuh!

via detikfood.com

Serumpi.com – Pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari, terutama oleh masyarakat Indonesia. Selain dimakan dalam bentuk buah aslinya, beberapa jenis pisang diolah menjadi makanan yang super lezat.  Tak heran kalau hingga kini pisang menjadi salah satu buah favorit masyarakat Indonesia.

Ngomongin soal pisang, selain rasa manis yang menggugah selera. Pisang juga diketahui memiliki kandungan gizi yang cukup kompleks. Terang saja kalau pisang termasuk salah satu buah yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Menariknya lagi, rutin mengonsumsi pisang ternyata memiliki efek yang sangat mengejutkan bagi tubuh.

Seperti yang dilansir dari health.com,  pisang mengandung berbagai nutrisi penting, yang bermanfaat membantu melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, dan menjaga kesehatan jantung. Tak hanya enak, buah pisang juga sangat bergizi dan bisa dijadikan camilan yang sehat ketika lapar.

Baca Juga: Pengaturan Posisi Makanan Pengaruhi Aroma dalam Kulkas, Mitos atau Fakta?

Pisang diketahui kaya akan serat larut dan tidak larut, sehingga dipercaya baik untuk kesehatan jantung. Penelitian yang dilakukan di University of Leeds di Inggris menemukan, banyak mengonsumsi makanan kaya serat seperti pisang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan jantung koroner.

Perpaduan rasa asam dan manis pada pisang juga dipercaya mampu melancarkan percernaan. Pasalnya, para pakar kesehatan menyarankan penderita sembelit untuk selalu rutin mengonsumsi pisang setiap pagi dan malam hari.

via idntimes.com

Bukan hanya itu, kalium yang terkandung pada buah pisang sangat penting untuk fungsi ginjal yang sehat, dan pisang penuh dengan mineral penting ini. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer, orang yang makan pisang 2 hingga 3 kali per minggu, 33 persen lebih kecil untuk terserang penyakit ginjal.

Terakhir, buah pisang juga diketahui sangat berperan dalam menjaga kandungan gula dalam darah. Oleh karena itu, meski berasa manis pisang tetap masuk dalam daftar buah yang boleh dikomsumsi para pelaku diet gula.