Tak Hanya Rasanya yang Mantap, Inilah 5 Efek Samping Buah Durian Untuk Kesehatan

via kompas.com

Serumpi.com – Banyak orang yang suka banget dengan durian, namun tidak sedikit yang tidak menyukai buah yang beraroma tajam ini. Durian memang dijuluki sebagai raja buah karena rasanya yang enak. Namun tak hanya enak, ada beberapa ragam manfaat kesehatan yang bisa didapat ketika kita mengkonsumsi buah tropis ini. Durian memiliki banyak nutrisi yang bisa memenuhi vitamin dan mineral dalam tubuh.

Seperti yang dilansir tempo.co dari Boldsky, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari buah durian.

1. Menjaga tekanan darah

Apabila dimakan dalam porsi yang tepat, durian membantu menjaga tingkat tekanan darah. Ini karena didalam durian memiliki senyawa yang mengandung belerang seperti ethanethiol dan turunan disulfida serta kandungan gula.

2. Menstabilkan gula darah

Durian memiliki kemampuan antidiabetic, dengan adanya senyawa bioaktif didalam buah. Dalam sebuah studi kecil, durian terbukti meningkatkan homeostasis glukosa. Ketika dikonsumsi, buah ini mampu mengubah sekresi insulin dan aksinya pada 10 pasien diabetes. Mereka yan mengonsumsi buah durian mengalami peningkatan kadar insulin yang signifikan sehingga gula darah bisa lebih stabil.

via tribunnews.com

3. Meningkatkan energi

Buah durian tinggi dengan karbohidrat, mengonsumsinya bisa membantu mengisi kembali tingkat energi yang hilang. Karbohidrat kompleks memang membutuhkan waktu untuk dicerna, ini akan memicu kontraksi otot yang memberikan tubuh energi yang lebih tahan lama.

4. Membantu pencernaan

Buah ini adalah sumber serat yang baik. Sel-sel usus besar menggunakan serat menjadi bahan bakar untuk membantu menjaga tetap sehat. Serat mampu menjaga saluran pencernaan.

via tempo.co

5. Mengurangi rasa sakit

Ekstrak cangkang durian mengandung obat penghilang rasa sakit dan antibiotik. Menurut sebuah penelitian yang terbit dalam “Journal of Southern Medical University”, ekstrak kulit durian bisa membantu meredakan batuk karena sifat penghilang rasa sakit serta adanya antibiotik.