Tanpa Efek Samping! 5 Bahan di Sekitar Ini Ternyata Obat Herbal Penurun Gula Darah Tinggi

via hellosehat.com

Serumpi.com – Penyakit yang disebabkan lonjakan gula darah ini memang beragam. Bahkan bisa jadi pemicu penyakit lain bila tak segera dilakukan tindakan untuk mengatasinya. Apalagi penyakit satu ini seperti sudah menjadi langganan yang kerap diderita kebanyakan orang.

Sehingga seringkali orang berupaya dengan pengobatan kimia untuk bisa menurunkan masalah peningkatan gula darah ini. Tapi sebenarnya ada obat herbal di sekitar kita yang sebenarnya alami, sederhana dan mudah didapatkan untuk bisa menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

Apa sajakah itu? Berikut deretan bahan tanaman yang bida jadi obat herbal gula darah.

1. Pare

via sindonews.com

Pasti semua tahu bukan dengan pare ini? Tanaman yang memiliki rasa pahit ini sering juga dijadikan olahan sayur. Namun ketahuilah bahwa pare ini memiliki khasiat bagi kesehatan terutama menurunkan kadar gula darah. Pasalnya pare memilikikandungan charatin dan polypeptide-P yang dapat memperbaiki dan merangsang sel beta pankreas guna menghasilkan insulin sebagai pengendali darah.

Bisa dijadikan obat gula darah, pare dapat dikonsumsi dalam bentuk jus dengan kombinasi buah lain. Selain itu bisa dengan merebusnya hingga matang dan difungsikan sebagai lalapan.

2. Mahkota dewa

via wandarafania.com

Tanaman satu ini memang begitu populer sebagai obat herbal beragam penyakit salah satunya gula darah. Cara memanfaatkannya dengan iris kasar 5-7 mahkota dewa kemudian cuci bersih. Rebus pada air mendidih sebanyak 200 ml selama 15 menit. Jika sudah berubah warna maka saring dan minum airnya selagi hangat.

3. Lidah buaya

via liputan6.com

Tanaman satu ini ternyata memiliki manfaat baik untuk pengobatan gula darah. Cara pembuatannya juga mudaj. Hanya dengan mengambil sebatang lidah buaya dan mencucinya bersih. Kemudian bersihkan bagian durinya dan potong-potong hingga menjadi beberapa bagian. Rebus dengan tiga gelas air dan sisakan air sampai satu gelas. Minum setiap usai makan 1,5 gelas, lakukan 3 kali dalam sehari.

4. Teh hijau

via tribunnews.com

Teh hijau memiliki kandungan polifenol yang diketahui dapat meningkatkan sensivitas sel terhadap insulin. Sehingga teh hijau bisa jadi obat gula darah alami yang baik. Meminumnya secara rutin pagi atau sore hari untuk menyetabilkan gula darah dalam tubuh.

5. Jahe

via liputan6.com

Salah satu rempah populer dan sering dijadikan bahan bumbu dapur, jahe juga memiliki khasiat menurunkan kadar guka darah. Penelitian menyebutkan bahwa jahe dapat mengurangi kadar gula darah puasa dan kadar HbA1c pada sekitar 88 penderita diabetes dengan konsumsi rutin jahe sebanyak 3 gram per hari, selama 8 minggu beruntun.


Previous articleTak Hanya Rasanya yang Mantap, Inilah 5 Efek Samping Buah Durian Untuk Kesehatan
Next article5 Seleb Ini Dapat Kado Mobil Super Mewah di Momen Ulang Tahun, Harganya Bikin Melongo!

Terpopuler: