Stop Cuci Telur Saat Akan Dimasak, Ternyata Begini Efek Sampingnya!

via liputan6.com

Serumpi.com – Hingga saat ini telur masih menjadi salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu makanan sumber protein hewani telur masuk menjadi salah satu makanan bergizi yang dimasukkan ke dalam kelompok makanan sehat.

Sayangnya, meski memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, telur justru akan membahayakan tubuh jika diolah dengan cara yang salah. Seperti diketahui, telur memiliki tampilan yang terbungkus oleh cangkang. Bahkan tak jarang telur dijual dalam keadaan sedikit kotor.

Meski begitu, mencuci telur sebelum dimasak dengan tujuan agar telur menjadi bersih bukanlah hal yang dianjurkan. Pada dasarnya kotoran yang menempel di kulit telur tidak akan mengurangi kandungan gizi pada telur. Bahkan mencuci telur justru dapat mempengarungi kandungan gizinya.

Melansir dari health.com, untuk memastikan bahan makanan yang akan dimasak dalam keadaan bersih dan terhindar dari kontaminasi bakteri, banyak orang yang memilih untuk mencuci bahan makanan sebelum diolah.

Baca Juga: Disebut Rumput Liar dan Kerap Dijadikan Makanan Ternak, Tanaman ini Ternyata Punya Manfaat Mengejutkan!!

Namun, dalam kasus beberapa makanan, mencucinya justru tidak menghasilkan apa-apa. Bahkan, bagi sebagian makanan lain, justru bisa lebih berbahaya. Menurut USDA (Departemen Pertanian AS) dan ahli gizi, mencuci telur lagi justru membuat telur berisiko terpapar bakteri.

Jika kamu mencuci telur sebelum memasaknya, karena cangkangnya keropos, air dapat mendorong bakteri ke dalam telur,” kata Amy Leigh Mercree, pakar kesehatan dan penulis sepuluh buku, termasuk The Mood Book.

via tribunnews.com

Risiko itu tetap ada jika mencuci telur menggunakan air dingin atau air mengalir. Mercree menyebut ada potensi bakteri terbentuk di permukaan telur. Mencucinya justru memperparah kondisinya dan mencemari bagian dalam.

Karena cangkangnya sangat keropos, kamu mendorongnya (bakteri) kembali ke permukaan telur,” katanya.

Pasalnya, jika memang telur terpaksa harus dicuci maka disarankan untuk menggunakan air hangat. Pilihan ini dirasa tepat dengan tujuan untuk menjaga agar kandungan gizi pada telur tidak hilang saat pencucian.


Previous article73 Tahun Berlalu, Cincin Milik Pilot AS yang Gugur Ini Akhirnya Ditemukan, Kisahnya Bikin Merinding
Next articleSekilas Cuma Makanan Biasa, Sayur Satu ini Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa!

Terpopuler: