Ternyata Katarak Bisa Disembuhkan Tanpa Harus Operasi Bedah, Beginilah Caranya

via doktersehat.com

Serumpi.com – Sebenarnya, sinar matahari memiliki keuntungan sekaligus kerugian bagi kesehatan. Bicara mengenai kerugian, terpapar sinar matahari berarti terpapar sinar ultraviolet yang berbahaya untuk kulit. Tak hanya bahaya untuk kulit, sinar ultraviolet ini juga menjadi faktor risiko timbulnya katarak. Katarak terjadi ketika kondisi lensa mata keruh sehingga mengganggu segala aktivitas bahkan kebutaan.

Dokter Setiyo Budi Riyanto, Kepala Bedah Refraktif sekaligus Direktur Utama Jakarta Eye Center (JEC) Menteng mengatakan, buta tak selalu penglihatan menjadi gelap total. Namun menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), lanjut dia, buta merupakan kondisi dimana penglihatan yang terbatas maksimal tiga meter.

via klikdoter.com

“Terakhir menurut Kementerian Kesehatan, jumlah kasus kebutaan sebanyak 2,25 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia dan ini akibat katarak,” kata pria yang biasa disapa Budi ini di JEC  Menteng, Jakarta Pusat.

Katarak bisa digolongkan sebagai penyakit degeneratif karena berkaitan dengan usia. Namun Budi menampik apabila penyakit ini sepenuhnya akibat dari pertambahan usia. Sebab, seiring berjalannya waktu, usia pasien yang mengalami keluhan katarak semakin muda.

Dilansir dari cnnindonesia.com Dulu, katarak dialami mereka yang berumur sekitar 60an tahun. Kini yang kepala lima juga sudah mengalami katarak. “Mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan (dan tidak mengenakan kacamata antisinar UV) kena di umur kepala empat,” imbuh dia.

via dreambeauti

Akan tetapi, pasien katarak tidak perlu khawatir apalagi takut menjalani prosedur terapi katarak. Dengan laser, masalah katarak dapat diatasi tanpa melibatkan pisau bedah.

Budi menuturkan, teknologi laser untuk bedah katarak sudah dipraktikkan di dunia kesehatan mata sejak tahun 2007 silam. Kemudian baru ditahun 2012 teknologi ini masuk ke Indonesia. Operasi katarak berbasis laser atau Femtosecond Laser-Assisted Cataract Surgery (FLACS) adalah sebuah tindakan operasi tanpa pembedahan dengan pisau, tindakan cepat, minim risiko dan proses penyembuhannya cepat. Tindakan FLACS setidaknya butuh waktu sekitar 10-15 menit.