Sekilas Cuma Makanan Biasa, Sayur Satu ini Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa!

via youtube.com

Serumpi.com – Kerap dijadikan sebagai campuran berbagai menu khas Tanah Air, jenis sayur satu ini mungkin bukan lagi hal asing di lidah orang Indonesia. Tak hanya cara mendapatkannya yang relatif mudah, sayur ini juga diketahui bisa hidup dengan kondisi apapun.

Sayuran tersebut tak lain adalah kangkung. Kerap dijadikan sebagai campuran dalam berbagai olahan masakan, kangkung memang dikenal sebagai sayur yang sangat merakyat. Harganya yang relatif murah dan cara mendapatkannya yang relatif mudah, hampir semua orang Indonesia pernah merasakan segarnya sayur hijau tersebut.

Sekilas kangkung mungkin hanya dipandang sebelah mata. Sayuran hijau yang biasa dijadikan pelengkap beberapa jenis masakan, kangkung ternyata memiliki manfaat yang sangat mengejutkan.

Baca Juga: Stop Cuci Telur Saat Akan Dimasak, Ternyata Begini Efek Sampingnya!

Seperti yang dilansir dari health.com, kangkung sebagai salah satu jenis sayuran merupakan bahan alami memiliki banyak kandungan menyehatkan di dalamnya. Penelitian yang dilakukan Vikas Ramteke menyebutkan bahwa kandungan kangkung meliputi vit A, vit C, dan protein yang sangat tinggi.

via youtube.com

Selama ini banyak mitos mengatakan bahwa kangkung dapat menyebabkan sakit perut. Padahal pada kenyataannya jika kangkung dimasak dengan benar tidak akan menimbulkan sakit perut. Kangkung justru bermanfaat untuk melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

via tribunjualbeli.com

Beberapa pakar kesehatan bahkan menyarankan untuk memasukkan kangkung dalam menu diet untuk menjaga berat badan agar tetap optimal. Pada beberapa negara, sayur berserat tinggi ini sudah diolah dalam bentuk menu makanan yang cukup lezat dan disajikan di restoran berkelas.

Tak hanya itu, ada beberap mitos yang menyebut bahwa kangkung dapat menyebabkan kantuk. Padahal pada kenyataannya kangkung mengandung zat bernama kalium. Makanan yang tinggi kalium dapat mengurangi tekanan darah dan memberi efek kantuk. Namun jika dimakan sewajarnya kangkung tidak berpotensi untuk membuat kantuk.

 


Previous articleStop Cuci Telur Saat Akan Dimasak, Ternyata Begini Efek Sampingnya!
Next articleDulu Dituding Transgender, Begini Penampilan DJ Butterfly Saat Hamil Besar

Terpopuler: