Awas!! Kebiasaan Main Handpone Bisa Menyebabkan Kegemukan, Cek Faktanya!!

via grid.id

Serumpi.com – Dewasa ini ponsel sudah menjadi benda yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Jangankan sehari dua hari, beberapa orang bahkan sama sekali tidak bisa berpisah dengan ponsel sepanjang hidupnya.

Bukan tanpa alasan, kecanggihan telepon pintar dalam membantu beragam kebutuhan manusia membuat benda kecil tersebut bak dewa. Bukan lagi sebatas alat komunikasi, ponsel bahkan bisa digunakan untuk melakukan banyak hal lainnya.

Sayangnya, selain memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya, ponsel juga punya dampak buruk bagi kesehatan. Terlebih bagi mereka yang sudah kencandua dan tidak bisa lepas dari telepon pintar tersebut.

Melansir dari grid.id, Handphone saat ini menjadi barang yang wajib dimiliki hampir semua orang. Melihat orang-orang beraktivitas sambil memandang layar handphone pun sudah tidak menjadi hal aneh. Namun siapa sangka kalau handphone punya dampak yang buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Sekilas Cuma Makanan Biasa, Sayur Satu ini Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa!

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Physiology and Behavior menemukan, orang-orang yang makan sambil menatap layar ponsel cenderung mengkonsumsi kalori lebih banyak daripada mereka yang fokus pada makanannya.

Sebanyak 62 orang sukarelawan berusia 18-28 tahun menjadi partisipan dalam studi tersebut. Mereka disuguhkan berbagai jenis makanan, mulai dari buah-buahan hingga makanan tidak sehat seperti makanan tinggi gula dan soda.

via youtube.com

Menariknya, mereka yang makan sambil bermain ponsel mengkonsumsi rata-rata 535 kalori lebih banyak daripada yang tidak. Mereka juga mengkonsumsi 10 persen makanan berlemak lebih banyak daripada mereka yang makan tidak sambil bermain ponsel.

Pasalnya, aktivitas bermain ponsel membuat mereka tidak melihat makanan apa yang diambilnya. Fokus mereka dalam memilih makanan terpecah dengan ponsel yang dipegangnya.

Tak hanya itu, peneliti dari Federal University of Lavras, Márcio Gilberto Zangeronimo, menjelaskan bahwa tablet dan ponsel pintar menjadi pengganggu makan paling utama, bahkan pada anak-anak.


Previous articleBertahun-tahun Vakum, Grup Musik Besutan Melly Goeslaw ini Dikabarkan Bakal Kembali Manggung
Next articleSama-Sama Kaya, Rupanya Segini Harta Kekayaan Syahrini dan Reino Barack Jika Digabungkan

Terpopuler: