Hati-hati Minum dari Dispenser, Ternyata Ada Dampak Mengejutkan Bagi Kesehatan

via serambiindonesia.com

Serumpi.com – Siapa yang nggak kenal dengan dispenser? perlengkapan rumah tangga satu ini memang sudah banyak dikenal dan dimanfaatkan sebagai tempat air minum. Selain penggunaannya yang lebih efektif, dispenser yang memiliki fungsi ganda dalam satu alat tersebut juga mudah didapatkan.

Menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang banyak digunakan, siapa sangka kalau dispenser ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Lebih mengejutkannya lagi, ternyata hampir sebagai besar orang belum menyadari perihal bahaya dari dispenser tersebut.

Melansir dari health.com, minum air dari dispenser disebut-sebut bisa menyebabkan datangnya penyakit. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa air yang tersedia di dispenser bisa jadi sudah terkontaminasi kuman dan bakteri.

Baca Juga: Sekilas Cuma Makanan Biasa, Sayur Satu ini Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa!

Hal tersebut disebabkan oleh adanya kemungkinan saluran air di bagian dalam dispenser yang kotor dan penuh dengan bakteri namun tidak pernah disadari sebelumnya karena posisinya yang tertutup.

National Science Foundation International bahkan menyebutkan bahwa di dalam setiap 1 Inchi persegi pendingin air yang ada di dispenser ternyata bisa saja memiliki 2,7 juta kuman yang jika kita konsumsi bersama dengan air minum akan menyebabkan datangnya penyakit.

via tribunnews.com

Bukan hanya itu, fakta lain dari konsumsi air dispenser ketika banyak yang berpikir jika air dengan botol galon yang dipakai sebagai sumber air dispenser tersebut sudah bersih karena tertutup rapat dari udara luar. Namun kenyataannya,  saat dimasukkan ke dispenser, air justru akan langsung terpapar kotoran, debu, dan berbagai kuman yang ada di dalam dispenser.

Demi menjaga kebersihan pada bagian dalam dispenser, para pakar kesehatan menyarankan agar sedikitnya setiap satu minggu sekali untuk membersihkan dispenser. Dispenser juga hendaknya diletakkan pada tempat yang bisa dijangkau oleh cahaya mahatari dan terhindar dari debu, sehingga tidak ada bakteri yang hidup di dalamnya.