Lain dari yang Lain, Buah Satu ini Ternyata Punya Manfaat Memukau yang Jarang Diketahui

via hellosehat.com

Serumpi.com  – Buah menjadi salah satu kebutuhan untuk menunjang nutrisi bagi tubuh. Sebagi sumber vitamin, buah masuk ke dalam jajaran makanan sehat yang wajib dikonsumsi. Meski memiliki segudang manfaat, nyatanya ada beberapa buah yang dinilai lain daripada yang lain.

Bukan hanya rasa segar dan manis alami yang dimilikinya, beberapa buah bahkan bisa dijadikan obat serta memiliki manfaat mengejutkan bagi tubuh. Buah sawo misalnya, dikenal sebagai buah asli Amerika yang sangat manis.

Buah berwarna coklat ini ternyata memiliki manfaat yang sangat mengejutkan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui perihal manfaat buah ajaib tersebut. Tak heran kalau di beberapa tempat, sawo masih dianggap remeh dan memiliki harga juga sangat murah.

Baca Juga: Hati-hati Minum dari Dispenser, Ternyata Ada Dampak Mengejutkan Bagi Kesehatan

Melansir dari hellosehat.com, sawo merupakan buah tropis yang memiliki nama ilmiah Manikara zapota dan masuk dalam famili Sapotaceae. Buah ini banyak tumbuh di negara Amerika bagian tengah, Meksiko, dan Karibia, serta Indonesia.

Selain memiliki rasa yang manis, buah ini ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Buah sawo kaya akan kandungan serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B, niasin, dan folat. Tak berhenti di situ, buah ini juga mengandung berbagai mineral penting, seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, selenium, dan fosfor.

via kumparan.com

Kandungan serat dalam 100 gram buah sawo matang diketahui sebanyak 5,3 gram. Bisa dibilang, serat yang terkandung dalam buah ini cukup tinggi. Kandungan serat dan tanin yang berlimpah dalam buah ini dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

Tak hanya itu, serat tinggi yang dimiliki sawo membuat buah satu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi orang yang tengah menjalani program diet. Kandungan serat serta rasa manis alaminya mampu menahan lapar sehingga menekan keinginan untuk makan.

Lebih mengejutkannya lagi, buat berwarna cokelat ini ternyata juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Seperti diketahui, radikal bebas sering dikaitkan sebagai penyebab berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga Alzheimer.


Previous articleNgopi Saat Stres, Meredakan Atau Justru Bikin Tambah Stres, Cek Faktanya!!
Next articleTenar di Era 90-an, Begini Nasib Para Pemain Si Doel Anak Betawi Sekarang

Terpopuler: