Ngopi Saat Stres, Meredakan Atau Justru Bikin Tambah Stres, Cek Faktanya!!

via merdeka.com

Serumpi.com – Siapa sih yang nggak kenal dengan kopi, minuman berkafein tinggi ini memang menjadi kegemaran banyak orang. Bahkan beberapa orang menganggap kalau kopi adalah bagian dari separuh hidup mereka.

Selain kerap diidentikkan dengan sumber inspirasi, kopi juga menjadi pelarian di kala seseorang merasa stres. Pasalnya, aroma kepul asap pada kopi bisa menjadikan fikiran kembali fresh.

Namun benarkah kopi selalu menjadi solusi terbaik kala seseorang mengalami stres? mengingat kandungan kopi sendiri justru bisa memicu kenaikan asam lambung dan membahayakan kesehatan.

Melansir dari hellodokter.com, jika selama ini banyak orang yang rutin minum kopi saat stres, dengan harapan suasana hati akan membaik setelahnya, maka yang mereka lakukan adalah sebuah kesalahan besar. Kenapa? kebiasaan minum kopi saat stres  justru bisa membuat orang semakin stres!!

Baca Juga: Hati-hati Minum dari Dispenser, Ternyata Ada Dampak Mengejutkan Bagi Kesehatan

Pasalnya, saat seseorang mengalami banyak tekanan atau stres, tubuh memproduksi hormon kortisol atau hormon stres. Hormon kortisol ini memiliki berfungsi untuk sebagai pengatur gula darah agar gula bisa diolah menjadi sumber energi. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih bertenaga dan fokus saat bekerja.

via daherba.com

Sayangnya, efek minum kopi saat stres hanya sementara. Christopher N. Ochner, PhD, seorang asisten dosen di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, mengungkapkan bahwa setiap stimulan memiliki efek samping kecemasan. Begitu juga kafein, kafein memang bisa menghilangkan stres dalam waktu yang sangat singkat, dan setelahnya akan ada efek negatif yang ditimbulkan oleh kafein.

via hellosehat.com

Pendapat tersebut juga disetujui oleh Roberta Lee, MD, seorang ketua departemen Integrative Medicine di Mount Sinai Beth Israel. Menurutnya, efek kafein pada kopi justru membuat orang semakin gelisah. Alhasil, minum kopi saat stres hanya akan semakin membuat seseorang menjadi tidak tenang dan kelelahan.

Melihat efek yang ditimbulkan, beberapa pakar kesehatan justru menganjurkan untuk membatasi konsumsi kopi pada saat stres. Hal ini untuk menghindari perasaan kecanduan yang ditimbulkan oleh efek kafein pada kopi.