Ternyata Gampang Banget, Inilah Empat Tips Sederhana Sembuhkan Mata Bintitan

via youtube.com

Serumpi.com – Benjolan kelopak mata bisa dialami oleh siapa saja. Meskipun sebagian benjolan di mata tergolong tidak berbahaya. Namun, penting mengetahui cara menyembuhkan benjolan tersebut dengan tepat. Di Indonesia, benjolan pada kelopak mata lebih biasanya disebut bintitan (hordeolum). Meskipu tidak berbahaya, bintitan membuat sebagian orang tidak percaya diri

Kondisi ini terjadi akibat infeksi bakteri yang menyerang kelenjar di mata. Namun benjolan di kelopak mata bisa jadi kalazion, yaitu benjolan seperti kista yang terjadi karena penumpukan cairan di kelopak mata. Melansir dari alodokter.com, inilah cara simple menyembuhkan benjolan di keloak mata.

1. Bersihkan area mata

Pada dasarnya, benjolan terjadi akibat kotoran atau benda asing yang menempel di kelopak mata. Ambillah bola kapas atau kain bersih, celupkan ke dalam air hangat dan bersihkan. Ulangi 3-4 kali sehari.

2. Hindari memencet benjolan

via tipsdancara.com

Tahan diri untuk tidak memencet benjolan, apalagi berniat untuk mengeluarkan cairan di dalamnya. Hal ini hanya membuat keadaan benjolan di kelopak mata memburuk. Bahkan, bisa memperparah infeksi serta menyebarkan kuman ke mata yang satunya atau meninggalkan bekas luka yang bersifat permanen.

3. Gunakan salep antibiotik

via youtube.com

Oleskan salep antibiotik pada benjolan, sesuai dengan anjuran dokter. Salep antibiotik berguna untuk membunuh bakteri penyebab benjolan di mata serta membantu meringankan rasa tidak nyamandi area tersebut.

4. Kompres dengan air hangat

via kumparan.com

Air hangat membantu memberi rasa nyaman pada area mata. Caranya ambillah handuk, celupkan ke dalam air hangat. Peras, lalu tempelkan handuk di kelopak mata yang terdapat benjolan. Lakukan 3-4 kali sehari kompres selama 5 menit. Bisa juga mengompres menggunakan kantong teh yang sebelumya dicelupkan ke air hangat sebagai pengganti handuk. Lakukan dengan rutin hingga bintitan mengempes dan hilang dari mata.

 


Previous articleGisella Anastasia Ngaku Tengah Dekat dengan Mantan Agnes Mo
Next articleTak Pernah Disorot Media, Ternyata Begini Potret Kehidupan Artis Ini Pasca 8 Tahun Dinikahi Bule

Terpopuler: