Awas!! Tumbuhan Liar Paling Mematikan di Dunia ini Ternyata Hidup di Wilayah Indonesia!!

via grid.id

Serumpi.com – Sebagai salah satu negara yang memiliki iklim tropis, suhu dan tekanan udara di Indonesia memang sangat cocok sebagai tempat hidup berbagai jenis tumbuhan. Tak heran kalau hampir di seluruh wilayah Indonesia terdapat banyak tumbuhan liar yang subur meski tidak terawat.

Loading...

Beberapa tumbuhan liar yang ada di Indonesia baru-baru ini sudah mulai banyak dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan hidup manusia. Salah satu manfaat tumbuhan liar biasanya dijadikan sebagai obat herbal.

Namun baru-baru ini ada hal yang mengejutkan, banyaknya tumbuhan liar yang hidup di wilayah Indonesia membuat masyarakat kerap tak sadar akan manfaat tumbuhan liar tersebut. Tumbuhan satu ini misalnya, kerap dibiarkan tumbuh begitu saja, siapa yang menyangka kalau tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan beracun yang mematikan.

Melansir dari grid.id, bernama gympie-gimpie, salah satu flora asal Indonesia ini dikenal mampu membunuh manusia karena memiliki racun mematikan. Biasa hidup di hutan hujan tropis, tumbuhan tersebut dapat ditemukan di Maluku dan wilayah Timur Laut Australia.

Baca Juga: Dikira Selalu Menyehatkan, Sederet Makanan ini Justru Bisa Membahayakan Tubuh!!

Tanaman ini memang dikenal sebagai tanaman mematikan. Bahkan jika tanaman ini sudah mengering ratusan tahun, racunnya dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Bisa  tumbuh hingga dua meter, gympie-gympie memiliki daun berbentuk hati berwarna hijau, dan memiliki buah berwarna ungu.

Setiap daun ditopang oleh batang, yang jika dilihat lebih dekat memiliki bulu halus. Pasalnya, bulu halus itulah yang menjadi racun mematikan dari tananam tersebut, lantaran bisa menyengat seperti bisa hewan.

via dream.co.id

Lebih menakutkan lagi, reaksi alergi yang ditimbulkan dari sengatan bulu tanaman  gympie-gympie bersifat periodik dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Gejala awal yang ditimbulkan dari sengatan tanaman beracun ini adalah gatal-gatal ekstrim hingga gejala demam tinggi pada tubuh. Gejala terparah, saat racun mulai menyebar ke seluruh tubuh maka tubuh akan terasa panas hebat seperti terbakar api.