Bosan dengan Telur? Sederet Makanan ini Bisa Jadi Sumber Protein Pengganti Telur

via detikfood.com

Serumpi.com – Telur dikenal sebagai salah satu makanan sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran kalau telur selalu masuk ke dalam daftar makanan bergizi yang disarankan untuk dikonsumsi secara teratur.

Sayangnya, tak semua orang menyukai telur sebagai sumber utama protein mereka. Beberapa orang bahkan ada yang bisa terkena alergi jika terlalu sering mengonsumsi telur. Kendati demikian tak perlu khawatir, pasalnya ada beberapa makanan lain yang memiliki kandungan protein tak kalah dengan telur.

Seperti yang dilansir dari health.com, selain karbohidrat, tubuh juga perlu protein untuk sumber tenaga. Konsumsi protein dalam jumlah yang tepat, dapat membantu proses diet juga. Selain itu, protein juga berfungsi untuk pemulihan pada otot, mencegah osteoporosis, dan membantu cepat kenyang.

Sejauh ini, telur masih menjadi salah satu sumber protein yang paling banyak dipilih. Namun ternyata ada beberapa jenis makanan yang kandungan proteinnya tak kalah tinggi dengan telur. Penasaran apa saja jenis protein tersebut? yuk simak ulasan berikut ini!!

Baca Juga: Disebut Rumput Liar dan Kerap Dijadikan Makanan Ternak, Tanaman ini Ternyata Punya Manfaat Mengejutkan!!

1. Edamame (Kacang Kedelai Jepang)

via healthline.com

Dikenal sebagai camilan yang bergizi, makanan berwarna hijau ini ternyata memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Pasalnya, dalam satu gelas edamame memilki sekitar 26 gram protein, zat besi dan kalsium.

2. Tempe

via instagram.com

Sebagai makanan khas asli Indonesia, tempe ternyata juga memiliki kandungan protein yang tak kalah dengan telur. Bedanya, jika telur merupakan protein hewani maka tempe mengandung protein nabati.

3. Buncis

via sriwijayapos.com

Buncis merupakan sumber magnesium, zat besi, vitamin b6, folat, dan penuh serat. Dalam satu cangkir penuh berisi buncis mengandung 15 gram protein.

4. Biji Semangka

via okezonelifestyle.com

Pasti banyak yang tak  menyangka kalau biji semangka bisa dimakan, hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh Colene Stoernell, MS, RDN, LDN yang merupakan ahli diet anak. Makanan satu ini sudah mulai banyak diminati dengan kemasan seperti kwaci.

5. Roti gandum

via mediabogor.com

Satu lagi, sumber energi yang perlu diperhitungkan selain telur adalah roti gandum. Menurut Kristin Kirkpatrick, RD dan mantan pemimpin nutrisi di Cleveland Clinic Wellness Institute, dua potong roti gandung mengandung 10 gram protein.

 


Previous articleSudah Jarang Tampil di Layar Kaca, Mantan Presenter Tampan ini Ternyata Duduki Jabatan Tinggi di Perusahaan Bergengsi
Next articleSekarang Jadi Penyanyi Terkenal, Arti ini Dulunya Sempat Jadi Guru SMK dan Penguji Bahasa Mandarin Para TKW

Terpopuler: