Tak Banyak yang Tahu, Nama Planet Pluto Ternyata Diusulkan oleh Anak Berusia 11 Tahun

via bobo.id

Serumpi.com – Dalam tata surya yang kita ketahui, terdapat banyak sekali planet. Mulai dari Merkurius hingga planet Pluto yang terjauh dari Matahari. Namun pada tahun 2006, Pluto dihapus dari daftar planet dalam tata surya karena dinilai sebagai planet kerdil dan tak memenuhi syarat untuk menjadi planet.

Planet Pluto memiliki sejarah yang unik dalam penamaannya. Planet yang pertama kali ditemukan pada 19 Maret 1915 ini mendapat nama “Pluto” berkat usul dari seorang anak perempuan yang berusia 11 tahun bernama Venetia Burney.

Biasanya, planet diberi nama menggunakan nama penemunya atau bisa diambil dari nama orang yang berpengaruh dalam dunia ilmu pengetahuan dan  astronomi. Dilansir dari bobo.id meskipun ditemukan sejak tahun 1915, sampai tahun 1930, planet kecil yang ditemukan lewat pengamatan dari Obesevatorium Lowell di Arizona belum memiliki nama.

www.nasa.gov

Observatorium Lowell memberitakan penemuan planet tersebut setelah melakukan pengukuran pasti serta menamakannya Planet X. Ketika Planet X diberitakan dalam koran The London Times, kakek Venetia Burney membacakan berita tersebut saat keluarganya sedang sarapan.

Venetia Burney yang mendengar berita terkait penemuan planet kesembilan yang ukurannya lebih kecil dari Uranus ini lantas berpikir kalau Pluto adalah nama yang cocok untuk Planet X.

Venetia Burney menamakan planet tersebut dengan nama Pluto karena suka dengan mitologi atau cerita Romawi dan Yunani. Pluto merupakan dewa dari dunia bawah yang memiliki kemampuan membuat dirinya tak terlihat dan berdiam diri di tempat yang tak tersorot sinar Matahari.

www.nasa.gov

Karakter dewa Pluto ini dianggap Venetia sebagai sesuatu yang sama dengan Planet X yang jaraknya jauh dari Matahari. Karena peneliti belum menemukan nama yang coco kuntuk Planet X, akhirnya kakek Venetia Burney, Falconer Madan, mengirimkan usulan nama Pluto lewat seorang temannya yang seorang astronom.

 

Setelah disetujui  para astronom, Planet X yang ditemukan tahun 1915 kemudian berganti nama menjadi Pluto pada 1 Mei 1930. Venetia Burney menianggal pada 2009 silam diusia 90 tahun.