Yogurt Lebih Kaya Nutrisi Ketimbang Susu, Benarkah? Cek Faktanya!!

via detikfood.com

Serumpi.com – Yogurt dikenal sebagai salah satu makanan kaya nutrisi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran kalau Yogurt banyak digemari oleh masyarakat lantaran bukan hanya rasanya yang enak namun juga kandungan gizinya yang baik untuk tubuh.

Dewasa ini yogurt juga disajikan dalam berbagai varian rasa. Tak heran kalau yogurt bisa dikonsumsi oleh semua jenis umur. Berbahan dasar susu, pasalnya yogurt juga bisa dijadikan sebagai terobosan baru bagi anak-anak yang kurang suka minum susu lho!

Ngomongin soal yogurt, belakangan ini banyak yang menganggap kalau yogurt ternyata memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dari susu. Mungkinkah hal tersebut benar? mengingat yogurt sendiri berasal dari susu?

Melansir dari health.com, yogurt ternyata lebih kaya nutrisi ketimbang susu. Tak ayal, yogurt menjadi salah satu pilihan minuman sehat yang dikonsumsi. Berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh terkandung dalam yogurt.

Baca Juga: Jadi Kegemaran, Siapa Sangka Kalau Makanan ini Justru Bisa Bikin Otak Lelet!!

Berdasarkan data The Nutrient Density of Snacks: A Comparison of Nutrient Profiles of Popular Snack Foods Using the Nutrient-Rich Foods Index, Global Pediatric Health tahun 2017, yogurt menempati urusan teratas sebagai produk makanan dan minuman yang kaya gizi. Skor nutrisi pada yogurt sebanyak 55,3 persen.

Susu menempati posisi kedua dengan skor nutrisi 52,5 persen, diikuti buah-buahan 30,1 persen, kacang-kacangan 26,7 persen, dan keripik (chips) 19,3 persen. Ilmuwan nutrisi Matthew Lantz Blaylock memaparkan, kandungan nutrisi pada yogurt.

via lipuitan6.com

Kalsium dan fosfor yang tinggi dalam yogurt adalah dua faktor utama pembentukan dan memperkuat tulang. Yogurt juga mengandung kultur hidup (prebiotik) yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi, daya tahan tubuh, dan memperlancar pencernaan,” papar Matthew.

Prebiotik sendiri merupakan  senyawa makanan yang  dapat merangsang selektif pertumbuhan atau aktivitas satu atau sejumlah bakteri di dalam usus besar. National Nutrient Database for Standard Reference Amerika Serikat menunjukkan, kandungan mineral pada yogurt,  seperti kalium (255,75 mg), kalsium (199,65 mg), dan fosfor (156,75 mg) sangat tinggi.


Previous articleIngat Penyanyi Cilik Tegar? Lama Tak Terlihat Begini Potret Terbarunya!!
Next articlePunya Kisah Pilu, Bayi Bule ini Sekarang Jadi Artis Ternama, Siap Jadi Caleg!

Terpopuler: