Benarkah Kentang Bisa Jadi Penawar Masakan yang Terlalu Asin? Cek Faktanya!!

via detikfood.com

Serumpi.com – Kentang menjadi salah satu makanan pengganti nasi yang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. Bagi beberapa orang yang tengah menghindari konsumsi nasi, kentang biasanya cukup dimakan setelah direbus.

Kerap isajikan dalam berbagai bentuk menu dan olahan, makanan jenis umbi-umbian ini menjadi menu unggulan pada beberapa restoran berbintang. Lepas dari fungsinya yang kerap digunakan untuk mengganti peran nasi, pasalnya kentang memiliki berbagai manfaat yang masih jarang diketahui.

Namun ada yang menarik dari peran kentang dalam sebuah masakan, selain sebagai menu pelengkap, banyak yang beranggapan kalau kentang ternyata berfungsi untuk menetralisir rasa asin pada makanan. Benarkah?

Melansir dari dream.co.id, pengalaman memasak terlalu asin memang kerap membuat seseorang kehilangan mood makan. Tak heran kalau sebisa mungkin mereka berusah memperbaikan rasa masakannya agar tidak sia-sia dibuang begitu saja.

Baca Juga: Hati-Hati, Konsumsi Minuman ini Saat Panas Ternyata Bisa Picu Penyakit Kanker!!

Nah, cara paling umum untuk mengurangi rasa asin pada masakan biasanya dengan menggunakan kentang. Pasalnya, kentang memiliki manfaat untuk menyerap rasa asin pada makanan. Menurut keterangan para ahli, kentang memang diketahui bisa menyerap rasa asin yang berlebihan pada makanan, terutama makanan berkuah seperti sop atau soto.

via dream.com

Kandungan pati yang ada pada kentang berperan untuk mengikat garam pada kuah. Potongan potongan kentang yang dimasukkan ke dalam makanan bisa menyerap garam lebih banyak. Selain menyerah rasa asin yang berlebihan pada makanan, kentang juga bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap sop.

Pasalnya, semakin banyak kentang yang dimasukkan ke dalam makanan yang terlalu asin, maka kentang juga akan bekerja lebih kuat. Peran kentang dalam menetralisir rasa asin yang berlebihan pada makanan memang sudah banyak diketahui terutama oleh para ibu rumah tangga.

Meski begitu, hanya sebagian kecil dari mereka yang memilih untuk menggunakan kentang sebagai penawar rasa asin pada makanan. Beberapa justru memilih untuk menambahkan air yang berakibat menghilangkan cita rasa pada masakan.