Kerap Disebut Jadi Penyebab Infeksi Tetanus, Paku Berkarat Ternyata Difitnah!

via healthcom

Serumpi.com – Batu berkarat kerap disebut sebagai penyebab tetanus dalam berbagai kasus. Kasus tertancap paku yang kerap terjadi di kalangan masyarakat memang sudah bukan hal baru lagi. Mengingat masih banyaknya sisa paku-paku berkarat yang berserakat khususnya di area bangunan. Tak heran kalau paku berkarat menjadi salah satu benda yang perlu diwaspadai.

Loading...

Meski disebut sebagai barang berbahaya yang bisa menyebabkan tetanus, nyatanya tidak semua paku berkarat menjadi penyebab tetanus. Bahkan, beberapa jenis benda yang tidak berkaratpun bisa saja menjadi penyebab tetanus jika dihuni oleh bakteri.

Melansir dari health.com, infeksi tetanus yang selama ini diketahui kerap disangka lantaran disebabkan oleh luka lantaran terkena paku berkarat. Padahal kenyataannya, paku berkarat tidak 100% salah atas kasus infeksi tetanus!

Baca Juga: Kerap Disebut Jadi Penyebab Infeksi Tetanus, Paku Berkarat Ternyata Difitnah!

Memang benar paku berkarat bisa menyebabkan tetanus, namun tidak semua paku berkarat bersalah. Masalah utamanya adalah bakteri, dan tidak semua paku berkarat itu mengandung bakteri yang bisa menimbulkan infeksi tetanus.

Sebelum menyalahkan paku berkarat sebagai penyebab tetanus, hendaknya diketahui terlebih dahulu apa sebenarnya tetanu. Tetanus sendiri merupaka infeksi yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani.

via hellosehat.com

Seperti diketahui, bakteri mudah saja hidup di berbagai tempat seperti debu, tanah, hingga kotoran yang tanpa sengaja menempel pada kulit. Nah, tetanus akibat tertancap paku sebernarnya bisa saja terjadi lantaran luka terkontaminasi oleh bakteri dari debu yang tanpa sengaja menempel.

Luka terbuka menjadi salah satu pemicu terjadinya tetanus. Lantaran hal tersebut, beberapa pakar kesehatan bahwa sejatinya bakteri bisa menginfeksi tubuh salah satunya lewat luka yang terbuka, terutama luka yang terlalu dalam.

Jadi, bukan hanya paku bahkan benda apapun yang ada bakterinya, maka bisa menyebabkan infeksi tetanus jika melukai anggota tubuh. Artinya, mulai sekarang perlu diwaspadai agar benda-benda berkarat selain paku juga tidak melukai tubuh.