4 Hal Ini Bakal Terjadi Pada Tubuhmu Jika Keseringan Minum Air Es

via tribunnews.com

Serumpi.com – Memang nikmat sekali ketika kita menegak air es disiang hari yang panas. Tentu sangat  menyejukkan dan menyegarkan. Minuman ini bahkan tetap terasa menyegarkan dan menyenangkan apabila diminum disaat udara dingin sekalipun. Walau menyegarkan, namun kita seharusnya berhati-hati apabila terlalu sering mengonsumsi minuman dingin.

Melansir merdeka.com dari The health Site, berikut ini adalah beberapa masalah tubuh yang dirasakan jika keseringan minum air es.

via tribunnews.com

1. Mengganggu pencernaan

Minum air dingin atau air es bisa memperlambat prose pencernaan makanan karena air es menyempitkan pembuluh darah. Saat tubuh membutuhkan banyak waktu untuk mencerna makanan, nutrisi akan cepat habis dan hilang sebelum bisa diserap oleh tubuh.

2. Merampok nutrisi

Temperatur tubuh normal adalah 37 derajat Celsius, ketika kita menegak air yang terlalu dingin, maka tubuh harus menggunakan lebih banyak energi untuk bisa mengatur suhu kembali. Padahal energi tersebut sangat diperlukan tubuh untuk bisa mencerna makanan serta menyerap nutrisi. Dengan energi yang sudah terpakai tabi, tubuh akan kekuranan energy yang digunakan untuk menyerap nutrisi secara maksimal.

via idntimes.com

3. Memicu radang tenggorokan

Bukan mitos, namun keseringan minum air dingin bisa memicu radang tenggorokan. Ini karena munculnya lendir pada lapisan kerongkongan. Saluran tenggorokan menjadi lebih rentan terkena infeksi dan radang.

4. Detak jantung menjadi pelan

Penelitian mengungkap minum air es dapat merangsang saraf vagus. Saraf vagus merupakan saraf yang penting yang bertugas mengontrol aktivitas tak sadar tubuh contohnya detak jantung. Air es bisa mempengaruhi kinerja saraf ini bahkan menyebabkan detak jantung menjadi lebih pelan.

Kadang karena kebiasaan minum air, banyak orang yang mengesampingkan efeknya. Empat masalah ini tidak bisa disepelekan karena memungkinkan bisa terjadi jika kamu keseringan minum air es. Jika minum air tidak bisa dihidari, alangkah baiknya untuk dikurangi