Tidur dengan Rambut Basah Berbahaya Bagi Kesehatan, Mitos atau Fakta?

via sainkompas.com

Serumpi.com – Pernah tidur saat rambut masih dalam keadaan basah? jam kerja yang terlalu padat kerap membuat seseorang telat pulang dari kantor. Alhasil banyak yang terpaksa mandi pada jam-jam yang tidak seharusnya.

Tubuh lelah sudah pasti membuat keinginan untuk cepat tidur kerap menghampiri. Kebiasaan langsung tidur selesai mandi saat pulang kantor ternyata masih banyak dilakukan oleh orang Indonesia. Bahkan banyak orang yang kerap tertidur dalam keadaan rambut masih basah lantaran usai keramas.

Berbicara perihal kebiasaan tidur saat rambut masih basah, beberapa pakar kesehatan mengatakan jika hal tersebut sebenarnya berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, beberapa orang juga beranggapan jika tidur saat rambut dalam kondisi basah bisa berakibat fatal.

Melansir dari health.com, seorang profesor kedokteran dari Vanderbilt University Medical Center, Dr. William Schaffner, tidur dengan rambut lembab tampaknya dikatakan sebagai cerita yang dibuat-buat agar seseorang tidak terserang flu.

Baca Juga: Disebut Kuliner Terekstrem, 3 Makanan ini Justru Jadi Buronan Para Pelancong di Yogyakarta

Schaffner menyatakan bahwa tidur dengan rambut basah memang memungkinkan seseorang terkena flu biasa. Namun jika hal tersebut dikaitkan dengan berkembang biaknya bakteri atau virus, Schaffner membantah tidak setuju.

Selain timbulnya bakteri dan virus, rumor lain dari tidur dengan rambut basah menyebabkan bakteri berbahaya dapat menempel di bantal. Schaffner menyatakan bahwa hal ini tidak benar, mengingat bahwa bakteri dan virus penyebab penyakit tidak muncul secara tiba-tiba.

via faktualnews.com

Namun, jangan berpikir bahwa tidur dengan rambut basah tidak masalah bagi tubuh. Sebuah penelitian berjudul “Fungal contamination of bedding” telah menunjukkan bahwa bantal, khususnya yang berbahan sintesis, dapat menampung jamur yang dapat memicu asma atau alergi. Seorang ahli alergi, Dr. Payel Gupta mengatakan bahwa bakteri dari jamur ini cenderung bekerja dengan baik di lingkungan yang lembab.

Kondisi tersebut seakan menjawab pertanyaan bahwa tidur dalam keadaan rambut masih basah sebenarnya bisa membahayakan kesehatan rambut. Dalam beberapa kasus, rambut rontok salah satunya juga disebabkan lantaran tidur dalam keadaan rambut yang masih basah.