Bak Tradisi Turun Temurun, Sederet Kebiasaan Unik ini Kerap Dilakukan Orang Indonesia Saat Ramadhan

via kompas.com

Serumpi.com – Ramadhan sebentar lagi bakal datang menghampiri umat muslim di seluruh dunia. Menjadi hari yang suci dan istimewa, Ramadhan selalu ditunggu tunggu oleh semua umat muslim. Tua muda laki-laki perempuan selalu bersuka cita menyambut datangnya Ramadhan.

Di Indonesia sendiri, Ramadhan kerap disambut dengan berbagai hal yang cukup unik. Bahkan seperti sudah mendarah daging, berbagai kebiasaan unik selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan hadirnya bulan sucia Ramadhan.

Seperti yang dilansir dari tribunnews.com, selain berpuasa dan menjalankan ibadah, masyarakat di tanah air juga punya tradisi unik yang hanya ada di Bulan Ramadhan. Penasaran kan apa saja tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia di bulan suci?

Baca Juga: Ramadhan Sebentar Lagi, Waspadai Hal ini Saat Belanja di Bulan Puasa!!

1. Berburu Takjil

via travellingyuk.com

Sudah bukan rahasia lagi, bulan puasa menjadi bulan yang penuh berkah. Ada banyak rezeki berdatangan menghampiri seluruh umat muslim yang menjalankan puasa. Nah, begitu pula dengan kebiasaan unik berburu takjil, biasanya ada pasar Ramadhan yang menyediakan berbagai bentuk takjil untuk berbuka puasa.

2. Membangunkan orang sahur

via kompas.com

Ada berbagai macam cara yang biasa dilakukan oleh orang Indonesia untuk membangunkan sahur. Salah satunya adalah dengan tradisi rontek atau kentongan,  biasanya mereka membunyikan alat tersebut sambil membangunkan orang sahur. Kata-kata yang paling umum diucapkan ialah “Sahur… sahur..” dengan nada yang mungkin sudah cukup lekat di telinga kita semua.

3. Ngabuburit

via dintimes.com

Sambil menunggu waktu buka puasa tiba, ngabuburit menjadi salah satu pilihan yang bisa dilakukan. Mulai dari jalan-jalan bersama keluarga, mengunjungi tempat-tempat menarik seperti taman, pasar ramadhan, dl menjadi pilihan untuk menunggu waktu berbuka tiba.

4. Buka Bersama

via kompas.com

Kebiasaan satu ini sudah pasti menjadi hal yang rutin dilakukan. Mulai dari bersama teman SD, SMP, SMA, kuliah, hingga teman kerja, buka bersama menjadi ajang untuk silaturahmi dan reuni.