Kurangi Pencemaran Lingkungan, Batang Sayuran ini Dipilih jadi Pengganti Sedotan Plastik!!

via dream.co.id

Serumpi.com – Dewasa ini sedotan menjadi salah satu kebutuhan yang tak bisa lepas dari aktivitas manusia. Bukan hanya sekedar kebutuhan, pasalnya permintaan sedotan juga semakin meningkat seiring trend bisnis kuliner yang semakin eksis di kalangan masyarakat. Kemunculan berbagai jenis varian minuman yang dijual di pasaran mau tak mau juga ikut meningkatkan kebutuhan sedotan.

Hitung saja, dalam satu hari berapa jumlah sedotan yang terpakai sekali dan langsung dibuang. Sayangnya, sejauh ini masih banyak masyarakat yang belum sadar akan dampak sedotan bagi lingkungan.

Berangkat dari kepedulian terhadap dampak sedotan bagi lingkungan, baru-baru ini mulai bermunculan beragam ide unik yang bertujuan untuk mengganti sedotan dari plasti dengan bahan yang ramah lingkungan. Nah, salah satu yang paling menarik adalah kemunculan sedotan yang berbahan dasar batang sayuran.

Baca Juga: Jadi Kebiasaan, Ternyata ini Akibat Meninggalkan Air Botol Mineral di Dalam Mobil

Melansir dari dream.co.id, salah satu tempat makan di Thailand, Brocolli Revolution, mulai menerapkan konsep peduli lingkungan salah satunya dengan mengganti fungsi sedotan. Restoran yang menyediakan makanan organik tersebut tak lagi menggunakan sedotan plastik. Sebagai gantinya mereka menggunakan batang kangkung.

Siapa sangka, batang sayuran ini cukup besar dan bisa dimanfaatkan menjadi sedotan. Menurut sang pemilik, rongga batang kangkung ukuran besar, cukup lebar. Bisa mencapai 1 cm hingga 1,5 cm.

via dream.co.id

Menariknya lagi, sedotan dari batang kangkung ternyata tidak hanya bisa digunakan pada minuman yang cair. Rongga lebar yang dimiliki oleh batang kangkung bisa digunakan untuk menyedot meniman yang sedikit padat, seperti smothies misalnya.

Gebrakan cinta lingkungan tersebut sebenarnya bisa saja diterapkan di Indonesia. Mengingat kangkung juga banyak ditemukan di Indonesia, bukan tak mungkin kalau masyarakat Indonesia mulai beralih dari sedotan plastik menjadi sedotan batang kangkung.