Mengintip Fakta Unik Masyarakat Indonesia Selama Bulan Ramadhan

via idntimes.com

Serumpi.com – Menjalankan ibadah puasa akan terasa lebih indah dan ringan jika dilandasi dengan perasaan ikhlas. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk membunuh waktu saat menanti buka puasa tiba. Beragam hal tersebut bisa dilakukan bersama-sama atau mungkin dilakukan sendirian.

Nah, di Indonesia sendiri ada beragam kebiasaan unik yang selalu menghiasi hari-hari masyarakat selama bulan suci Ramadhan. Beberapa kebiasaan unik tersebut bahkan ada yang sudah mendarah daging dan menjadi rutinitas dari tahun ke tahun.

Seperti yang dilansir dari kataindonesia.com, ada cukup banyak hal unik yang terjadi di masyarakat Indonesia selama menjalani ibadah puasa. Dimana kegiatan ini umumnya tidak terjadi pada bulan-bulan lainnya. Penasaran apa saja kebiasaan unik yang bisa dilakukan oleh orang-orang Indonesia selama bulan puasa? Yuk simak ulasannya!!

Baca Juga: Tetap Bisa Bikin Kenyang, Berikut 4 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet

1. Kolak menjadi takjil wajib yang mendarah daging

via tribunkaltim.com

Dari tahun ke tahun, makanan satu ini sepertinya masih dipilih oleh banyak orang untuk dijadikan sebagai menu andalan buka puasa. Berisi aneka macam bahan, kolak disebut sebagai makanan wajib selama bulan puasa. Beberapa daerah bahkan tidak pernah absen menyajikan kolak sebagai menu buka puasa.

2. Acara buka puasa dari generasi ke generesi

via idntimes.com

Buka bersama dijadikan sebagai ajang untuk kembali bertemu kerabat, teman, dan saudara setelah bertahun-tahun mereka tidak bertemu. Beragam kesibukan rela mereka tinggalkan demi mengkuti kegiatan buka bersama. Uniknya, buka bersama ini biasanya dilakukan lintas generasi mulai dari bersama teman SD, SMP, SMA, Kuliah bahkan teman satu kantor yang jelas-jelas setiap hari bertemu.

3. Ngabuburit 

via kompas.com

Ngabuburit atau kegiatan membunuh waktu dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan adalah tradisi lama yang selalu dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Kegiatan ini umumnya melibatkan banyak hal yang bisa dinikmati. Seperti halnya berbelanja, berjalan-jalan, bermain atau melakukan kegiatan lainnya.