Khawatir Bau Mulut Saat Puasa? 4 Langkah Mudah ini Bisa Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

via lampungpos.com

Serumpi.com – Menahan haus dan lapar seharian memang bisa menyebabkan bau mulut menjadi berubah. Meski dalam islam sendiri bau mulut yang kurang sedap saat berpuasa merupakan sebuah berkah yang bernilai pahala, namun tetap bagi beberapa orang yang terbiasa melakukan aktivitas dan berkomunikasi dengan banyak orang hal tersebut bisa saja mengganggu.

Nah, banyak yang meresahkan perihal bau mulut mereka yang berubah selama menjalankan ibadah puasa. Mengingat selama puasa mereka juga tetap harus menjalankan aktivitas seperti biasa, ternyata sebenarnya ada trik-trik mudah yang bisa dijalani untuk mengurangi bau mulut saat puasa.

Seperti yang dilansir dari dream.co.id, masalah bau mulut ketika berpuasa memang sudah menjadi hal yang wajar. Meski lawan bicara memaklumi kondis ini, tentu sangat tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri kala harus mengobrol dengan banyak orang.

Menggosok gigi tentu tak bisa dilakukan karena kamu sedang berpuasa. Ulama menghukuminya makruh jika melakukannya di siang hari. Lalu apa saja trik yang bisa dilakukan untuk menjaga agar bau mulut tidak berubah namun ibadah puasa tetap sah? Berikut ulasannya!!

Baca Juga: Segar dan Sehat, Tiga Minuman ini Sangat Direkomendasikan Sebagai Menu Buka Puasa

1. Rutin membersihkan sela-sela gigi saat berwudhu

via kaskus.com

Membersihkan sela-sela gigi dengan benang salah satu trik mudah untuk menghindari bau mulut yang berubah. Saat wudhu, berkumurlah dengan cermat untuk membersihkan mulut.

2. Konsumsi buah yang renyah

via health.com

Pada saat sahur, usahakan mengonsumsi buah yang renyah. Makanan sehat yang renyah seperti apel, seledri serta wortel memiliki permukaan keras dan mampu menghilangkan sisa makanan di sela-sela gigi.

3. Kurangi minum kopi saat sahur atau berbuka

via kompas.com

Minum kopi terkadang menyebabkan bau mulut. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan asam tinggi yang bereaksi dengan kadar alkali tubuh dan membuat bau mulut. Nah, selama bulan puasa ini usahakan untuk mengurangi minum kopi ya!!

4. Rutin membersihkan lidah

hellosehat.com

Menurut penelitian, bakteri bisa menempel pada lidah dan menyebabkan bau mulut. Maka dari itu, membersihkan lidah secara rutin menggunakan sendok atau sikat gigi untuk menghilangkan bakteri maupun plak menjadi salah satu trik ampuh menghindari bau mulut.