Jadi Kegemaran Banyak Orang, Tiga Minuman Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

via tribunnews.com

Serumpi.com – Beberapa minuman menjadi pilihan hampir seluruh masyarakat Indonesia sebagai menu untuk berbuka sahur. Beberapa orang bahkan menjadikan minuman tersebut sebagai menu wajib mereka.

Sayangnya, masih banyak yang belum tahu kalau ternyata ada jenis minuman tertentu yang hanya bisa dikonsumis saat buka dan tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur. Bukan tanpa alasan, ada banyak hal yang mendasari kenapa tidak semua minuman bisa disajikan saat sahur ataupun berbuka.

Seperti yang dilansir dari health.com, banyak orang mengonsumsi teh manis dan kopi saat sahur. Padahal kebiasaan ini sebaiknya tidak dilakukan selama puasa Ramadan. Beberapa pakar kesehatan menyarakan bahwa lebih baik mengonsumsi dua jenis minuman ini ketika buka puasa. Ini untuk mencegah seseorang terlalu sering buang air kecil saat puasa.

Baca Juga: Jadi Menu Pilihan Saat Buka Puasa, Yuk Simak Tips Berburu Kurma yang Sehat dan Segar

Ketika sahur, isi tubuh terlebih dulu dengan air putih. Nah, sebaiknya konsumsi satu gelas setelah bangun tidur dan satu gelas lagi setelah makan besar. Selain itu, konsumsi juga buah-buahan yang lebih berguna ketimbang kopi, teh, atau minuman bersoda.

Pasalnya, minuman yang mengandung gula pasir tidak lebih baik dari buah-buahan untuk buka puasa. Ini berbeda dengan buah yang selain mengandung karbohidrat dan gula, ada kandungan serat yang baik.

via health.com

“Gula pasir tidak ada seratnya. Kalau kurma ada seratnya jadi lebih unggul. Untuk orang diabetes, boleh makan kurma. Cukup dua sampai tiga butir saja, sudah bisa mengembalikan gula yang tadi turun,” ungkap salah satu pakar kesehatan.

Berbeda lagi dengan minuman bersoda, pasalnya selama bulan puasa sebaiknya menghindari minuman yang mengandung soda. Bukan hanya menyebabkan gangguan sistem metabolisme tubuh, kandungan minuman bersoda diketahui dapat memicu perasaan haus pada siang hari.

Bagi orang yang sedang berpuasa, kondisi tersebut sudah pasti bukanlah hal yang baik. Beberapa pakar bahkan sangat menganjurkan akan orang yang tengah menjalani ibadah puasa di siang hari benar-benar menghindari minuman bersoda di malam harinya.