Jangan Buru-buru Makan Besar, Pilih Takjil Sehat ini Sebagai Menu Buka Puasa

via Indonesiainside.com

Serumpi.com – Rasa lapar dahaga lantaran menahan perut kosong selama seharian kerap membuat seseorang menjadi kalap. Begitu adzan maghrib bekumandang, segala macam makanan rasanya ingin segera mereka pindahkan ke dalam perut. Mulai dari nasi, takjil, buah, hingga beragam es yang memenuhi meja makan.

Selama ini mungkin masih banyak orang yang memilih untuk langsung menyantap makanan berat begitu adzan maghrib berkumandang. Padahal, kebiasaan tersebut bukanlah hal yang seharusnya dilakukan.

Bukan tanpa alasan, kondisi perut kosong ternyata tidak bisa serta merta langsung siap menerima menu berat. Alih-alih ingin cepat kenyang, mengonsumsi makanan berat seketika saat berbuka justru bisa membuat perut menjadi sakit. Lalu apa yang seharusnya dimakan?

Baca Juga: Jadi Kegemaran Banyak Orang, Tiga Minuman Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

Melansir dari healht.com, selain persiapan iman, niat, dan hati, kesehatan tubuh juga  harus tetap dijaga agar tidak jatuh sakit dan menyebabkan ibadah puasa terganggu. Maka dari itu diperlukan olah raga yang teratur dan pemilihan menu takjil sehat yang terus dipantau. Juga disarankan agar tidak tergesa-gesa makan besar saat berbuka puasa.

1. Pilihlah menu takjil yang kaya akan serat dan vitamin

via pingpoint.com

Kandungan serat dan vitamin sangat dibutuhkan tubuh demi kelancaran proses pencernaan dan pembuangan. Nah, memilih takjil seperti buah-buahan sangat disarankan agar pencernaan tetap normal meskipun dalam kondisi berpuasa.

2. Hindari memilih makanan pedas 

via merdeka.com

Makanan pedas belakangan ini mulai menjadi kegemaran banyak orang. Sayangnya, makanan pedas bukanlah pilihan yang pas untuk berbuka puasa. Mengingat kondisi perut yang kosong, maka menghindari makanan pedas sangat dianjurkan untuk menghindari gangguan lambung.

3. Hindari makanan yang mengandung banyak gula

via health.com

Islam menyarankan untuk mengonsumsi tiga butir kurma sebelum menyantap makanan berat saat berbuka. Anjuran ini bukan tanpa alasan, setelah seharian berpuasa tubuh sudah pasti kehilangan banyak energinya. Kebutuhan tubuh akan gula bisa membantu untuk mengembalikan energi yang sempat hilang. Nah, kurma diketahui memiliki kandungan gula alami yang jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan makanan manis lainnya.