Aktivitas Harus Panas-Panasan Saat Puasa? Lakukan Hal ini Agar Tubuh Kamu Tetap Fresh!

via hellosehat.com

Serumpi.com – Menjalankan puasa ditengah cuaca yang terik memang sebuah ujian yang maha hebat. Butuh stamina yang kuat agar tubuh mampu bertahan dalam keadaan haus dan lapar seharian. Bagi beberapa orang, tuntutan profesi kerap memaksa mereka untuk berpanas-panasan saat menjalankan puasa. Kendati demikian, ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tubuh senantiasa tetap fresh.

Seperti yang dilansir dari bintang.com, Ketika puasa, tubuh otomatis akan berhenti mendapatkan pasokan cairan kurang lebih selama 8 jam. Jika tubuh kekurangan cairan, dapat berisiko mengalami dehidrasi yang ditandai dengan pusing, tubuh lemas hingga tenggorokan kering.

Untuk mengantisipasinya, pastikan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik saat berbuka dan sahur. Ketika sahur, disarankan untuk mengonsumsi kembali air putih secukupnya. Dengan begitu, tubuh bisa menyimpan banyak cairan yang akan membantu kamu merasa fresh seharian selama menjalani puasa. Maksimalkan konsumsi air putih, buah-buahan hingga minuman lainnya paling tidak 2,5 liter dari waktu berbuka hingga jam tidur dapat menjaga stamina tubuh hingga esok hari.

Tak hanya itu, tidak membiasakan tidur setelah makan sahur juga dapat membantu agar tubuh tetap fresh sepanjang hari. Menurut pakar kesehatan, selama menjalani ibadah, disarankan untuk selalu bisa menjaga kebersihan diri.

Menjaga kebersihan diri bisa dilakukan dengan membiasakan dari mandi pagi, merawat kebersihan dan aroma mulut hingga kebersihan pakaian. Hindari untuk memakai pakaian, kaos kaki, hingga hijab yang sudah pernah dipakai sebelumnya tanpa dicuci terlebih dahulu. Dengan menjaga kebersihan diri dan pakaian yang dikenakan, kamu bisa tampil fresh setiap saat dan lebih tenang saat jagain ibadah.

Nah, buat kalian yang terpaksa harus panas-panasan saat bekerja, melakukan kebiasaan tersebut secara rutin dipastikan tubuh akan terasa fresh sepanjang hari.