Dikenal Banyak Manfaat, Tomat Rupanya Punya Dampak Negatif Bagi Tubuh, Salah Satunya Ginjal

via aladokter.com

Serumpi.com – Tomat dikenal sebagai buah yang kaya manfaat dengan keunggulan vitamin C tinggi yang baik untuk tubuh. Karenanya, banyak yang mengkonsumsi tomat dalam bentuk jus atau campuran masakan dengan harapan menunjang kesehatan tubuh.

Faktanya, tomat tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, melainkan pula memiliki resiko yang juga harus diwaspadai.

Tomat dapat menimbulkan refluks asam lambung, intoleransi, nyeri dan lain-lain. Daun tomat yang ikut termakan secara tak sengaja juga dapat menyebabkan mual, muntah, pusing dan bahkan keracunan.

Namun, jangan takut dulu dengan efek negatif tomat. Dampak negatif tomat tersebut hanya terjadi jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Berikut efek negatif mengkonsumsi tomat serta penjelasannya.

1. Nyeri

via tribunstyle.com

Pada sebagian kecil kasus, sistem kekebalan tubuh dapat memberikan reaksi negatif terhadap protein tomat. Hal ini menyebabkan tubuh melepaskan histamin yang menyebabkan bengkak dan nyeri sendi. Tak hanya itu, tomat juga dapat meningkatkan asam urat yang seringkali menimbulkan nyeri persendian.

Baca Juga : Sering Cepat Haus dan Ngantuk Saat Puasa? Hindari Makanan Pantangan Ini Saat Sahur

2. Alergi

via orami.co.id

Saat tubuh melepaskan histamin, bukan hanya sendi yang terkena dampak buruk, melainkan pula kulit. Pemilik kulit sangat sensitif bahkan bisa langsung merasakan gatal di mulut sesaat setelah mengkonsumsi tomat. Alergi lain yang mungkin bisa terjadi adalah ruam, gatal-gatal di kulit, gatal di tenggorokan, batuk dan bersin.

3. Masalah Kandung Kemih

via hellosehat,com

Tomat memiliki sifat asam yang berpotensi mengiritasi kandung kemih. Dalam kasus tertentu, mengkonsumsi tomat secara berlebihan juga dapat menimbulkan sensasi terbakar.

4. Masalah Ginjal

via doktersehat.com

 

Selain mengandung banyak air, tomat juga tinggi potasium yang sulit disaring ginjal. Oleh karenanya, penderita penyakit ginjal harus membatasi konsumsi tomat dalam bentuk apapun, termasuk juga dalam bentuk saus.

Melihat resiko mengkonsumsi tomat secara berlebihan di atas, agaknya kita menyadari jika segala sesuatu yang berlebihan tentu tak akan baik. Tomat tetap bisa memberi manfaat bagi tubuh asalkan dikonsumsi dalam jumlah wajar.