Sekilas Hanya Daun Biasa, Daun Sirsak Ternyata Punya Peran Penting dalam Menyembuhkan Penyakit Ganas ini!!

via dream.co.id

Serumpi.com – Selain pengobatan medis, belakangan ini para pakar kesehatan mulai memilih pengobatan herbal sebagai usaha dalam menangani sebuah penyakit. Disebut memiliki resiko yang lebih rendah lantaran jauh dari kandungan kimia, pengobatan herbal bahkan bisa meredakan beberapa jenis penyakit ganas.

Bukan hanya caranya yang jauh dari jangkauan bahan kimia, obat-obatan yang digunakan pada pengobatan hebal pun juga lekat dengan kesan “dari alam“. Tak heran kalau belakangan ini mulai banyak pakar yang getol meneliti kandungan berbagai macam tumbuhan yang layak dijadikan obat herbal.

Seperti yang dilansir dari health.com, Selain bergantung pada pengobatan medis, tak sedikit orang yang berupaya melakukan pengobatan alternatif untuk menyembuhkan penyakit yang diderita. Salah satu penyakit berat yang kini tengah gencar dilakukan usaha pengobatan dengan cara herbal adalah penyakit kanker.

Baca Juga: Jadi Kegemaran Banyak Orang, Tiga Minuman Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

Kerap disebut sebagi penyakit yang banyak merenggut nyawa penderitanya, siapa sangka kalau penyakit tersebut bisa diobati dengan daun yang banyak tumbuh di Indonesia. Ya, daun tersebut tak lain adalah daun sirsak.

Sekilas hanya sekedar daun dari buah sirsak yang tak begitu banyak dimanfaatkan oleh manusia. Namun siapa sangka kalau ternyata daun sirsak memiliki kandungan Annonaceous acetogenin yang berperan penting untuk melumpuhkan sel-sel kanker yang berkembang di dalam tubuh.

via nutepam.com

Menurut para pakar, senyawa tersebut terdiri atas berbagai senyawa turunan acetogenin dengan fungsi yang berbeda-beda. Pada dasarnya, acetogenin dapat mematikan sel kanker dengan menghambat pengiriman energi sel atau Adenosina trifosfat (ATP) ke dalam sel kanker.

Seperti diketahui, tanpa adanya energi, sel kanker tidak akan tumbuh berkembang dan perlahan bisa mati dengan sendirinya. Kondisi ini sangat diharapkan bagi para pejuang kanker yang tengah menjalani pengobatan.

Berbeda dari obat kanker lainnya, acetogenin tidak perlu masuk ke dalam sel kanker untuk mematikannya. Senyawa ini cukup menghentikan perpindahan energi, sehingga sel kankerakan gagal membuat Nikotinamida Adenosin Dinukleoida Hidrogen (NADH) yang berarti kematian bagi sel kanker tersebut.

Ada yang lebih menguntungkan, pasalnya senyawa acetogenin dalam daun sirsak juga bersifat selektif, sehingga hanya menyerang sel-sel kanker saja, bukan sel-sel sehat. Artinya, tanpa harus melakukan kemoterapi, sel-sel kanker bisa mati perlahan dengan cara rutin mengonsumsi daun sirsak.