Bukan Cuma Kurma, 5 Buah ini Juga Jadi Favorit Rasulullah SAW untuk Buka Puasa

via YouTube.com

Serumpi.com – Kurma dikenal sebagai makanan khas selama menjalankan ibadah puasa. Bukan hanya soal rasa serta kandungan vitamin dan gulanya yang kaya manfaat, pasalnya kurma dipilih sebagai menu favorit selama puasa lantaran makanan tersebut merupakan menu favorit Nabi Muhammad SAW.

Dalam islam, nabi menyarankan untuk mengonsumsi tiga butir kurma saat berbuka puasa. Pasalnya, kandungan vitamin dan gula pada kurma bermanfaat untuk mengembalikan energi yang hilang pasca seharian menjalankan ibadah puasa. Tak hanya itu, mengonsumsi butir kurma saat berbuka juga dihukumi sebagai ibadah sunah yang bernilai pahala.

Ngomongin soal makanan favorit nabi selama puasa, ternyata bukan cuma kurma. Ada beberapa makanan faovorit nabi yang kandungan gizinya juga tak kalah baik dari buah kurma.

Seperti yang dilansir dari fimela.com, Selain kurma, ada beberapa makanan super sehat yang sunah dikonsumsi saat berbuka puasa. Pasalnya, makanan ini merupakan makanan kesukaan Rasulullah Muhammad SAW untuk berbuka.

Baca Juga: Jadi Kegemaran Banyak Orang, Tiga Minuman Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

1. Anggur

via orami.com

Anggur menjadi makanan yang disukai Rasulullah SAW untuk berbuka adalah setelah kurma. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Nuaim dijelaskan, “Kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak.”

2. Zaitun

via youtube.com

Dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, zaitun diketahui sangat baik untuk menu buka maupun sahur. Dari Abu Usaid Al-Anshari, Rasulullah SAW bersabda, “Makanlah minyak zaitun. Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya, sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi.” (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Trimidzi).

3. Buah Tin

via YouTube.com

Mulai banyak dibudidayaan di Indonesia, Buah Tin menjadi menu buka puasa kesukaan Rasulullah SAW. Buah tin mengandung nutrisi yang sangat baik buat tubuh, khusunya bagi kesehatan lambung.

4. Labu

via bukalapak.com

Bersifat mengenyangkan dan memiliki kandungan gizi yang cukup baik, labu juga menjadi pilihan Rasulullah SAW untuk berbuka puasa.

5. Delima

viabukalapak.com

Delima dikenal mengandung banyak nutrisi dan kaya akan berkah serta rahmat lantaran menjadi salah satu buah kesukaan Rasulullah SAW. Dalam surat Ar-Rahman ayat 68 dijelaskan, “di dalam kedua-dua surga terdapat pohon buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima.”